Si Jago merah kembali menunjukkan kehebatannya, kali ini, meludeskan 65 buah rumah hanya dalam tempo tiga jam. Peristiwa kebakaran yang terjadi di pagi hari Jumat 23 Oktober 2015 (10 Muharram 1437 H) terjadi sejak Pukul 05.20 hingga 08.18 di Jalan Cakalang VII ORT 004 ORW 002 Kelurahan Totaka Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar.

Lokasi musibah yang sempit dan padat penduduk membuat pergerakan armada pemadam kebakaran Kota Makassar terbatas untuk menjinakkan si jago merah yang tengah berkobar. Menurut penuturan seorang warga bernama Becce, api pertama kali terlihat dari rumah sepupunya bernama Patahuddin yang terletak di Jalan Cakalang VII No. 33 Makassar.

Pada saat kejadian, Patahuddin yang pedagang asongan di Pasar Panampu tidak berada di rumah pada saat kejadian, sementara Bacce yang pertama kali melihat sumber api menuturkan kalau itu berasal dari arus pendek yang terjadi dirumah Patahuddin.

Sangkala salah seorang warga setempat yang memiliki uang simpanan sebesar Rp 5 juta rupiah, juga hangus dilalap api. Sangkala lebih dahulu mengamankan anaknya dibanding dengan mengambil uang simpanannya yang ditaruh dirumahnya.

“Biar-mi ini uangku hangus asal selamat anakku” ujarnya dalam Bahasa Makassar yang medok.

Inspektur Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar, Ambo Dalle menuturkan , pada peristiwa tersebut ada sekitar 13 unit armada diturunkan untuk menjinakkan keganasan si Jago merah.

Sementara itu, Dinas Sosial Kota Makassar segera membuka Dapur Umum Lapangan (Dumlap) dan bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan menurunkan bantuan dari gudang penyimpanan yang ada di Mattirodeceng dibawah Koordinasi Kepala Seksi Pemulihan Sosial, Muhammad Jufri Abdulllah dan dukungan dari Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) dibawah komando Ahyan Arif.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>