HALAL BIHALAL DINSOS SULSEL

Kepala Dinas Sosial Sulsel, DR.H.Ilham Gazaling,M.Si melaksanakan kegiatan halal bihalal dengan para pegawai dan purnabhakti bertempat di Masjid Al-Muawanah Sosial, Rabu 15 Juli 2015.

Pelaksanaan acara diawali dengan sambutan Kadis Sosial, dilanjutkan dengan hikmah Halal Bihalal oleh Ustaz H.Andi Baharuddin Erwin,LC,MH yang menyampaikan hikmah halal bihalal dengan gaya yang serius namun terkadang dibumbuhi canda yang membuat para jamaah ngakak dalam mesjid.

Dikatakan, di Arab saudi, tak di kenal acara Halal Bihalal, ini semuanya hanya karena kreatifitas Islam di Indonesia, yang gemanya makin terasa, seperti pada saat Presiden Gusdur pulang dari Irak dan melaksanakan kegiatan Halal Bihalal di Istana Negara.

Walaupun dari beberapa referensi diperoleh informasi, bahwa kegiatan Halal-Bihalal ini tak kala K.H. Ahmad Dahlan memimpin Organisasi Muhammadiyah, yang mengumpulkan jamaah/anggotanya setiap usai beridulfitri sembari saling bermaaf-maafan satu sama lain atau hal bihalal.

Pada kesempatan tersebut, sang Ustaz yang cukup lama belajar di Arab Saudi tentang perbandingan agama, sebelum menutup ceramahnya memberikan tips kepada seluruh anggota jamaah, bahwa ada enam langkah untuk menjadi seorang muslim yang berbahagia yaitu ;

  1. Perbanyak wudhu
  2. Perbanyak sholat
  3. Tilawatil quran
  4. Tawakkal
  5. Perbanyak sedeqah
  6. Murah senyum

Pelaksanaan acara berlangsung lancar dan dipenghujung acara dilaksanakan saling bermaaf-maafan satu sama lain sebagai perwujudan tekad bahwa pada hari ini kita memulai pekerjaan dan start dari titik nol dari dosa, dengki dan iri hati setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa ramadan 1436 H, salamaki.

Penulis,

H.SYAKHRUDDIN.DN

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.