DUMLAP GOWA DIGUDANGKAN KEMBALI

Dapur Umum Lapangan (Dumlap) Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Gowa, kembali digudangkan setelah melakukan kegiatan pengabdian dan pertolongan kepada warga masyarakat dalam proses pemberian makan gratis  korban kebakaran di Tamarunang II Kabupaten Gowa.

Dapur Umum Lapangan (Dumlap) yang dikoordinir Sofyan dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa, sengaja diturunkan untuk membantu korban kebakaran, sebanyak 120 Kepala Keluarga (KK) dan 232 jiwa pada peristiwa kebakaran bangsal pekerja  yang mengadu nasib sebagai tukang dan pekerja serabutan di Kompleks Citra Garden Makassar.

Sebanyak 60 buah rumah gubuk (bangsal) pekerja, dalam waktu sekejap habis dilalap si jago merah. Menurut sumber yang berhasil dihimpun oleh Tagana menyebutkan, peristiwa kebakaran terjadi pada hari Selasa, 28 Mei 2015 Pukul 07.30 Wita disinyalir berasal kompor yang meledak.

Kerugian akibat peristiwa ini, 120 KK atau 232 Jiwa mengalami kehilangan tempat tinggal sementara, padahal mereka adalah para pekerja yang berasal dari luar daerah seperti Kabupaten Jeneponto, Bone, Sinjai, Barru, Bulukumba, Bantaeng dan beberapa diantaranya ada dari Malakaji Kabupaten Gowa.

Dengan demikian, peralatan  Dapur Umum Lapangan (Dumlap) bersama personil terlatih, termasuk Mardiah, salah seorang Tagana dari Kampus UIN Makassar, kini sudah bisa kembali ke rumah masing-masing dan para korban sekarang memulai lagi usahanya untuk membangun bangsal kerja hingga satu ketika seluruh pembangunan Perumahan Citra Garden di Kabupaten Gowa dapat dituntaskan.

Pihak BPBD dan Dinas Sosial bersama Tagana bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) dari Communication Rescue (CORE) Orarida Sulawesi Selatan turut memberikan bantuan, PMI Cabang Gowa dan Brigade Siaga Bencana dari Rumkit Syekh Yusuf Gowa.

Termasuk kehadiran Kabid Banjamsos Dinsos Prov. Sulsel, Dra. yenny Pakambanan dan seorang Staf pergudangan an. Syamsul dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan.

Salam Kemanusiaan,

H.SYAKHRUDDIN.DN

email : syakhruddin@gmail.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *