Pendiri Alibaba Group yang sukses jadi orang terkaya di China, Jack Ma, tengah dilobi oleh Menkominfo Rudiantara agar bisa hadir dalam waktu dekat di Indonesia untuk berbagi ilmu tentang bisnis e-commerce.

“Jack Ma sedang saya lobi untuk ikut Konferensi Asia-Afrika di Bandung. Tapi kalau merasa kurang besar acaranya, akan coba kita ikutkan dalam Business Summit di Jakarta,” kata menteri di rumah dinasnya, Jakarta.

Seperti diketahui, Jack Ma berhasil menjadi salah satu orang terkaya di dunia berkat bisnis e-commerce yang dirintisnya sejak 1995. Selain kerja keras dan pola pikir out of the box, dukungan dari pemerintah setempat juga membuat bisnis Alibaba terus meroket.

Rencana menghadirkan Jack Ma ke Indonesia sebenarnya sudah dibahas cukup lama di istana. Sejak Jokowi pulang dari kunjungannya ke China beberapa waktu lalu, Rudiantara mengaku sempat berdiskusi dengan presiden untuk menciptakan ‘Alibaba’ versi Indonesia.

“Pak Jokowi dulu panggil saya setelah pulang dari China, ‘itu Alibaba bagus ya, bisa nggak kita bikin seperti itu?’. Nah, kalau Jack Ma bisa datang, kenapa kita tidak kumpul diskusi sama dia. Biar ada gairahnya,” kata menteri yang akrab disapa Chief RA.

Alibaba yang sukses mengembangkan bisnis e-commerce di China memang mendapat perhatian serius. Apalagi, Indonesia juga telah menjadikan negara itu sebagai salah satu kiblat e-commerce selain Amerika Serikat.

China menurut menteri, dipilih untuk ditiru karena sukses menghasilkan regulasi dari sisi pendekatan pemerintah. Sedangkan e-commerce di Amerika Serikat sukses karena didorong oleh pasar.

Kembalinya Jack Ma alias ALI BABA, sebuah nama keren yang cukup membumi di persada Nusantara, tentunya akan memberi angin segar bagi pengusaha di Tanah Air. Dengan demikian, Amerika Serikat melalui produk terbaiknya APPEL akan mendapatkan tantangan dan

saingan terberat untuk perjalanan bisnis di dunia maya. Sekarang saatnya untuk kembali menghidupkan ALIBABA di Indonesia, dengan demikian dapat diprediksi kalau dalam tahun bershio kambing ini, akan begitu banyak produsen yang akan bersifat “KAMBING”

Di satu sisi akan berbunyi “Mbek” yang meminta perhatian, namun pada sisi negatifnya, perusahaan tersebut dapat di cap sebagai “Kambing Hitam” yang merusak tatanan perekonomian tanah air, atau menjadikannya sebagai “Kambing Guling” yang berprotein, hanya

saja harus waspada, karena salah atau berlebihan dalam mengomsumsi kambing, bakal terkena darah tinggi yang diprediksi dapat terkena stres lalu stroke dan berujung STOP alias tiga S.

Semoga dengan kehadiran Jack Ma alias ALI BABA di Indonesia, menjadi suatu kekuatan tersendiri dan menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang memiliki integritas dan semangat kebangsaan yang berdiri diatas kekuatan bangsanya, sebagaimana dicita-citakan oleh para pendiri bangsa ini, salamaki.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>