Kalau Bandung memiliki Institut Tehnologi Bandung (ITB) yang begitu ke sohor dan salah satu alumninya Presiden Pertama, Ir. Soekarno maka ke depan anak cucu kita, akan bersekolah pada Institut Tehnologi Gowa (ITG) di Bontomarannu Kabupaten Gowa, Sulsel.

Hal ini dikemukan pada saat orang nomor dua di republik ini berkunjung dan meresmikan JK Center di Fakultas Tehnik (FT) Universitas Hasanuddin di Kabupaten Gowa, Jumat 27 Pebruari di Bontomarannu Kabupaten Gowa.

Bangunan yang berlokasi diatas lahan eks PT. Pabrik Kertas Gowa (PKG). Fakultas ini memiliki 5.824 mahasiswa dengan 13 prodi dan 263 dosen dan 22 orang guru besar, 26 dosen yang bergelar doktor menyelesaikan pendidikannya di Jepang dan sekarang ada 25 peneliti dikirim ke Jepang.

Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Palubulu mengatakan, JK Center dibangun dengan dana Loan dari Jepang dengan total proyek 1,2 trilyun. Saat ini masing dibutuhkan dana sekitar 200 milyar, untuk merampungkan pusat kreatifitas, laboratorium dan landscape kampus.

JK Center atau Fakultas Tehnik Unhas Gowa akan menjadi cikal bakal berdirinya Institut Tehnologi Gowa (ITG) . Menurut rektor Unhas, awalnya memang di bangun untuk konsep mandiri.

Program ini merupakan embrio ITG. Hanya saja ini tidak langsung dilepaskan jadi institut. Menunggu bangunan rampung dan menyelesaikan loan dulu. Ujar Dwia.

Ia mengatakan pihaknya tidak ada masalah bagi Unhas untuk melepas FT menjadi Institut. Dulu sebelum ada Institut Tehnologi Bandung (ITB) juga awalnya bagian dari Universitas Padjadjaran, dengan pemisahan tersebut bukan berarti putus hubungan.

JK Center dijadwalkan tuntas tahun 2016, selanjutnya pemeliharaan hingga 2017 setelah itu baru dipikirkan untuk memandirikannya menjadi Institut.

Menteri Riset dan Perguruan Tinggi, M.Nasir menilai salah satu tantangan kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ke depan yaitu persaingan pada basis tehnologi. Makanya, tehnologi harus ditingkatkan.

Yang bisa maju adalah menggabungkan antara inovasi tehnologi dengan konvergensi berbagai keilmuan didalamnya. Dan JK Center Bontomarannu di Kabupaten Gowa, merupakan kampus Fakultas Tehnik (FT) termegah di Indonesia, katanya.

Selamat atas peresmian JK Center Fakultas Tehnik Universitas Hasanuddin yang kelak akan menjadi Institut Tehnologi Gowa (ITG) semoga kelak melahirkan insinyur yang handal dengan dilandasi semangat perjuangan dari Tuanta Salamaka Syekh Yusuf Al-Makassary.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>