PERJALANAN KOMPI TAGANA UIN KE MARTAPURA

Sehari sebelum pemberangkatan, Tim Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kompi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Kelurahan Borimasungggu Kecamatan Labbakkang Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep).

Di Kelurahan Borimasunggu inilah, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINAM, menyerahkan “PATAKA TAGANA” kepada Komandan Kompi, diterima Sdr. Lukman Syamsuddin.

Itulah awal perjalanan panjang yang dilalui TAGANA KOMPI UINAM, dimulai pada Hari Sabtu, 1 November 2014. Selanjutnya isteriahat sejenak di hari Minggu, 2 November 2014 dan pada keesokan harinya Senin, 03 November 2014 melakukan perjalanan ke lokasi Bhakti Sosial TAGANA Tingkat Nasional tahun 2014 di Provinsi Kalimatan Selatan di Banjarmasin dan langsung menuju lokasi Bhaksos di Kabupaten Banjar di Martapura.

Ada 16 anggota TAGANA Kompi UINAM, satu diantaranya adalah alumni UINAM atas nama Mardiah, ikut serta berangkat menggunakan pesawat Lion Air atas beaya sendiri.
Kehadiran TAGANA KOMPI UINAM di Martapura atas undangan PAnitia Pelaksana Bhaksos, karena keterbatasan anggaran maka undangan tersebut mencantumkan untuk hadir dengan menggunakan beaya sendiri.

Tentu saja ini ini bisa disebut sebuah kenekatan, akan tetapi ini juga sekaligus ajang untuk menimba pengalaman bagi TAGANA UIN dalam memperkaya pengetahuan tentang ke-TAGANA-an dan sekaligus bekal untuk kelak menjadi seorang pekerja sosial yang professional (social worker professional).

Pemberangakatan ini, tak terlepas dari dukungan Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, DR.Hj.Muliatuy Amin,M.Ag dan support dari Ketua Jurusan Kesejahteraan Sosial, Dra.Irawanti Said,M.Pd yang memberikan kesempatan bagi Mahasiswa untuk menambah pengetahuan mereka di luar daerah, dimana diantara anggota tim ada putranya yang bernama Agung Lazuardi.

Yang patut kita syukuri, adalanya kemauan untuk berbuat sekalipun dengan biaya sendiri dan ini merupakan suatu kehormatan bagi Kementerian Sosial RI, bahwa dari Kawasan Timur Indonesia, ada sebuah pergurtuan atau Universitas yang menangani jurusan Kesejahteraan Sosial dan memiliki TAGANA sehingga ini dapat dikatakan sebuah program TAGANA masuk Kampus.

Upaya keras yang dilakukan oleh pasukan Sdr. Lukman Syamsuddin yang ayahandanya Syamsuddin Dg Emba, ikut menjadi tim inti utusan TAGANA Provinsi Sulawesi Selatan, ini merupakan suatu kehormatan besar, karena ayah dan anak ikut dalam satu kegiatan bhaksos tapi dari kontingen yang berbeda.

Bagimana kiprah TAGANA di gelanggang Bhakti Sosial Tagana di Martapura Kalimantan Selatan, nantikan laporan berikutnya bersama Instruktur Tagana, H.Syakhruddin.DN, pada tulisan berikutnya dalam gaya bahasa tutur, salamaki

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.