Suasana Halaman Masjid Nurul Muhammadiyah Kelurahan Borimasunggu Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep, Sabtu (1/11) menjadi semarak dengan hadirnya Tim Bakti Sosial dari  Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM)

20141101_100626

20141101_110956

20141101_111642

Kel.Borimasunggu salah satu lokasi desa binaan Universitas Islam Negeria Alauddin Makassar (UINAM), kali ini ada dua jurusan yang menjadikan lokasi ini sebagai obyek bakti sosial.

Masing-masing Jurusan Bimbingan Masyarakat Islam (BPI) melaksanakan ceramah umum menampilkan Ustas UJAS yang membahas tentang arti hidup bahagia dalam kaitannya nama kampung “Borimasunggu”.

Bori dalam bahasa lokal/Makassar adalah (Kampung halaman), Masunggu adalah kebahagiaan, sehingga lokasi ini menjadi salah satu kawasan atau kampung yang sangat membahagiakan bagi warganya, tutur Ustas Ujas.

Dalam kaitannya dengan Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam/Kesejahteraan Sosial (PMI/Kesos), melakukan kegiatan berupa pengobatan cuma-cuma oleh dr. Tri dan dua orang perawat yang melayani sekitar seratusan warga yang datang berobat di halaman masjid sekaligus menjadi peserta penyuluhan.

Kerja bareng dari dua jurusan di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi ini, sengaja digagas oleh Dekan Fak.Dakwah, Dr.Hj.Muliaty Amin,M.Ag sehingga suasana makin semarak, terlebih lagi disiapkan hiburan elekton untuk warga.

Kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, DR.Muliaty,M.Pd melepas Tim Taruna Siaga Bencana (TAGANA) ke lokasi Bhakti Sosial TAGANA Tingkat Nasional tahun 2014 di Kota Martapura Kalimantan Selatan, yang diterima langsung Ketua Tim Sdr. Lukman Syamsuddin menerima “Pataka TAGANA” dari Ibu Dekan.

Tim TAGANA UINAM akan meninggalkan Makassar tanggal 3 Nov. 2014 menggunakan pesawat Lion Air dan selama empat hari berada di lokasi bhaksos akan melakukan kegiatan seperti donor darah, penanaman pohon, rehabilitasi rumah tidak layak huni, kegiatan Tagana go to school dan puncak acara ditandai dengan “ Apel Siaga TAGANA se-Indonesia bersama Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa yang akan bertindak selaku Pembina Upacara di Lapangan Upacara Martapura Kalimantan Selatan.

Sementara proses pemeriksaan dan pengobatan di halaman Masjid Nurul Muhammadiyah, tim Tagana dibawah koordinasi Ketua Jurusan Kesos, Dra.Irwanti Said,M.Pd berkunjung ke lokasi empang milik Dra. Aisyah.BM yang tak lain adalah sekretaris jurusan.

Suasana empang dengan embusan angin yang sepoi-sepoi basah, membuat beberapa anggota TAGANA sempat terlelap, demikian halnya dengan anggota rombongan yang ikut ke empang Ibu Aisyah.

Anggota TAGANA atas nama Akbar Latif yang memiliki keahlian memijat, menunjukkan kemampuannya untuk memijat para instrukturnya diantaranya Bapak Wahab Awing dan Penulis, sehingga tiada terasa waktu sudah memasuki saat Ashar.

Setelah menikmati suasana empang yang sejuk, Tim TAGANA kembali ke Masjdi Nurul Muhammadiyah untuk sholat Ashar sekaligus membersihkan kembali sampah yang bertebaran hasil dari kegiatan penyuluhan dan pengobatan cuma-cuma yang dipusatkan di halaman mesjid.

Lima buah mobil yang membawa anggota tim termasuk dua buah mobil RTU (Rescue Tactical Unit) melaju dari Pangkep menuju Kampus Peradaban di Samata-Gowa. Dalam perjalanan pulang mobil RTU yang dikemudikan La Heru harus berhenti sejenak untuk menambal ban sebelah kiri belakang karena tertusuk paku.

Dengan kesigapan dan kemampuan pengemudi, akhirnya semua anggota rombongan tiba dengan selamat dan selanjutnya mempersiapkan diri untuk pemberangkatan menuju Martapura tanggal 3 November sampai 6 November 2014 di Kota Intan Martapura, semangat pagi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>