Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Semester V Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (Kesos) melaksanakan kegiatan praktikum.

Praktikum di Salodong

20140929_121009

20140929_121650

Pelaksanaan Praktikum I pada berbagai institusi sosial milik Kementerian Sosial RI yanga da di Makassar dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Kabupaten Gowa.

Menindaklanjuti kegiatan praktikum ini, Senin (29/9) diserahkan kelompok praktikan yang ditempatkan di Panti Sosial Marsudi Putra (PSMP) Toddopuli di Salodong Kelurahan Untia Kecamatan Biringkanaya Makassar oleh Ketua Jurusan Kesos, Dra.Tanti Irwanti Said,M.Pd didampingi Dosen pembimbing, Drs.H.Syakhruddin.DN,M.Si dan Drs.Abd.Wahab,MM diterima Kepala PSMP Toddopuli, Dra.Hj.Suriaty,S.Sos

Kepala PSMP.Toddopuli pada kesempatan penerimaan di ruang rapat mengatakan, pihaknya menyambut baik kehadiran Mahasiswa Jurusan Kesos yang menjadikan PSMP Toddopuli Makassar sebagai lokasi praktikum.

Oleh sebab itu, mari kita menjalin kerjasama dan mengembangkan profesi pekerjaan sosial. Karena itu, selama berada d PSMP Toddopuli para Mahasiswa akan diperkenalkan tentang bagaimana proses penanganan Anak Yang Berhadapan Hukum (ABH)

Dengan menggunakan metode intervensi pekerjaan sosial, baik itu berbasis mikro, mezzo maupun makro, ungkap Mochammad Soleh yang memberikan materi perdana pada saat acara penyerahan.

Setelah penyerahan di PSMP.Toddopuli, Ketua Jurusan PMI-Kesos, Dra.Tanti Irwanti,M.Pd menuju ke Panti Sosial Bina Daksa (PSBD) Wirajaya di Jalan A.P.Pettarani dan diterima oleh Pimpinan PSBDW diwakili Kepala Seksi Program dan Advokasi Sosial, Bapak Yakub,S.Sos,M.Si

Menjelang petang hari, rombongan menuju ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Yuda Mandiri di Jalan Sultan Hasanuddin Kelurahan Pandang-Pandang Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.

Dengan penyerahan praktikum di LKSA Yuda Mandiri Kabupaten Gowa berarti semua kelompok praktikum yang terdiri sepuluh kelompok, sudah diserahkan semuanya.

Selama 16 kali pertemuan, para praktikum diharapkan dapat menerapkan ilmu yang diperoleh selama di kampus, sembari belajar tentang pengalaman lapangan selama berada di panti sosial/lembaga sosial anak.

Adapun lokasi yang menjadi tempat praktikum untuk tahun akademik 2014/2015 meliputi Panti Sosial Tresna Werda (PSTW) Gau Mabaji Samaya-Gowa, Panti Sosial Taman Penitipan Anak (PSTPA) Inang Matutu, Panti Sosial Bina Daksa Wirajaya Makassar, Panti Sosial Marshudi Putra (PSMP) Toddopuli di Salodong dan sejumlah Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) di Kabupaten Gowa.

Salah seorang peserta praktikum, Siti Mujiyem mengaku sangat berbahagia dengan adanya praktikum yang akan menambah pemahaman tentang profesi pekerjaan sosial.

Lain halnya dengan Lukman yang kebetulan memilih untuk praktikum di PSMP Toddopuli, lokasinya memang cukup jauh dari Kampus.

Lukman mengatakan, tantangan untuk berpraktek di lokasi panti memang jauh, akan tetapi berbagai permasalahan sosial khusus terhadap anak yang berhadapan dengan hukum dapat dipelajari disini, tuturnya penuh semangat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>