Sekretaris Pemerintah Kota Makassar, H.Ibrahim Saleh,SE,MM melantik Pengurus Masjid Besar Al-Abrar, Sabtu (13/9) di Lantai Dasar Masjid Besar Al-Abrar Gunungsari Baru Jalan Sultan Alauddin No.82 Makassar.

ibe4

ibe 1

ibe2

ibe3

Pelaksaan acara pelantikan, diawali dengan laporan ketua Panitia Pelaksana, Abdul Syukur Rahim, dilanjutkan pembacaan surat keputusan oleh Ir.Fauzan Wahab (Sekretaris Badan Wakaf Al-Abrar) dilanjutkan dengan sambutan Ketua Badan Wakaf, H.Ibrahim Bonro,SH yang pada pokoknya mengatakan ;

Bahwa pihak pewakaf telah menyerahkan tanah seluar 1600 meter yang dibagi dalam dua kali pemberian, yang pertama 1000 meter untuk Masjid Al-Abrar yang lama dan setelah dilakukan renovasi besar-besaran dibawah kepemimpinan Ir.H.Mohammad Mathori, kami menyerahkan lagi tanah wakaf tambahan sebanyak 600 meter, sehingga keseluruhan luas kawasan masjid sebanyak 1.600 meter dengan bangunan berlantai III untuk digunakan oleh jamaah di daerah ini.

Sekda Ibrahim Saleh yang hadir didampingi Camat Tamalate, Sofyan Jalil,SE dan Kepala KUA Kec. Tamalate, Afdal, S.Ag dan Lurah Pa’Baeng-Baeng, M.Arif,SH mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Makassar menyampaikan apresiasi kepada jamaah dan Pengurus Masjid Besar Al-Abrar Gunungsari Baru Makassar yang selama ini aktif membangun, baik itu dari segi fisik maupun managemen pengelolaannya.

Kepada pengurus yang baru dilantik untuk masa bakti 2014-2019, Ibrahim Saleh mengharapkan agar fungsi masjid terus ditingkatkan, bukan saja tempat sholat semata-mata akan tetapi lebih dari itu, menjadi sentra atau pusat pelayanan, pusat dakwah, pusat pendidikan dan pusat pembinaan umat, tuturnya.

Ditambahkan untuk membangun karakter bangsa harus bermula dari Masjid, akhir-akhir ini kita sangat prihatin dengan kehadiran “Geng Motor di Kota Makassar” yang rata-rata usianya masih sangat belia.

Pergeseran kultur ini disebabkan karena kurangnya pembinaan akhlak, oleh sebab itu, Pengurus yang baru dilantik dapat mengembangkan program dibidang pendidikan, klinik sosial dengan dokter praktek yang bisa menggunakan ruang lantai dasar ini, tentunya pihak Pemerintah Kota Makassar melalui Pak Lurah dan Pak Camat Tamalate akan memberikan kelancaran terhadap pemberian izinnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Abdul Syukur Rahim dalam laporannya mengatakan bahwa, Masjid Al-Abrar ini di bangun di atas tanah wakaf H. Bonro sejak tahun 1959, saat itu masih disebut Langgar atau Surau dengan ukuran 8×12 meter.

Seiring dengan perkembangan dimana dibangun Perumahan Gubernur di Kompleks Gunungsari baru, maka Masjid yang pernah dipimpin Almarhum H.Muhammad Riza (Mantan Kakanwil Deppen Sulsel) bersama Bapak H.Samad Suaeb dan Andi Rivai, Masjid ini berkembang menjadi Masjid Jami Al-Abrar.

Pada masa kepemimpinan H. Ismail Bonro dengan sekretaris H.Daming Dg Ngirate, Masjid ini terus dikembangkan hingga kepemimpinan beralih kepada H.Ibrahim Bonro dan pada tahun 2009-2014, jamaah mempercayakan kepada Ir.H.Mohammad Mathori.

Berkat kerja kerja dan dukungaN para jamaah, Ir.H.Mathori membongkar masjid lama dan membangun masjid baru berlantai tiga diatas lahan 1.600 meter, dengan demikian Masjid al-Abrar pun berubah namanya menjadi Masjid Besar Al-Abrar Gunungsari Baru Makassar.

Adapun Pengurus yang dilantik masing-masing Ketua Umum, H.Hilal Kadir,SE, ketua I s/d IV masing-masing, DR.H.Irsyad Samad Suhaeb,SH,MH, Drs. Muh. Hidayat, M.Pd, Drs. Yusuf Ruddin dan Ir.H.Muh.Erfan, Sekretaris umum, dijabat Drs.H.Syakhruddin.DN,M.Si Sekretaris I s/d IV masing-masing, Drs.H.Muh.Yusuf Alwy Dg Tayang, Abdul Haris Albaranji,S.Pd, Drs.Muh.Yusuf Hamzah Dg Malli dan Drs.Fitransyah,MBA

Sementara jabatan Bendahara Umum, Bendahara I s/d IV dijabat Andi Zainuddin Baso,SE, Ir.Nasrullah, Drs.H.guntur Mas’ud, H.Muh. Azis Pase,SE dan Abd.Hafid Dg Ngemba,SE khusus untuk jabatan Imam Rawatib dan tiga orang Naib lainnya, dipercayakan kepada Lahamuddin,S.Ag Dg Gassing, Muh.Amin Dg Sirua, Drs.H.A.Rivai Abdullah dan H.R. Dg Koke.

Pelaksanaan acara yang dipandu protokol Dra. Yayah Rohaya dan Sekretaris panitia pelaksana, Muh. Yunus, S.Si menutup seluruh rangkaian acara ditandai dengan foto bersama Sekretaris Kota Makassar dan pengurus terpilih lainnya untuk masa bakti 2014-2019

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>