Walikota Makassar, Danny Pomanto melakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kota Makassar dan Bank Rakyat Indonesia (BRI), Kamis 24 Juli 2014 tentang penggunaan Smart Card atau Kartu Pintar yang secara resmi akan digunakan Senin, 18 Agustus 2014.

Smart Card multifungsi dan ini merupakan yang pertama di Indonesia. Kartu ini berisi identitas seseorang karena dilengkapi chief yang ditanamkan didalamnya.

Pada tahap awal, Smart Card ini akan diperlakukan kepada seluruh pegawai Pemkot Makassar menyusul para Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). Khusus pegawai meliputi PNS, honorer, tenaga kontrak yang jumlahnya 11 ribu dan RT/RW sebanyak enam ribu orang.

Kartu Pintar ini baru pertama di Indonesia, didalamnya juga termuat NIP, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sehingga mempermudah bayar pajak sekaligus berfungsi sebagai data base kependudukan.

Selain itu, Kartu Pintar ini bisa digunakan untuk menabung serta rekam medis (medical record) di setiap rumah sakit. Dan yang lebih menarik, Kartu Pintar ini menjadi sarana untuk membayar honor para ketua RT/RW termasuk pembayaran sertifikasi guru akan langsung di transfer ke Smart Card yang bersangkutan.

Tentu ide Walikota Makassar, akan memangkas birokrasi dan semakin meyakinkan bahwa honor pasti diterima yang bersangkutan tanpa pemotongan lagi, selamat kepada ide Walikota Makassar, semoga terus berkarya untuk kemajuan Kota Makassar menuju Kota Dunia, salamaki.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>