Setiap kali memasuki bulan suci Ramadan, kaum muslimin dan muslimat melakukan kegiatan, berupa ziarah kubur ke makam orang tua, anak atau kerabat yang telah lebih dahulu menghadap Sang Khalik.

ziarah kubur

20140627_161156

20140627_161241

Tahun 2014 penetapan awal puasa melalui dua versi, untuk yang menggunakan pola perhitungan yang dimotori Muhammadiyah akan memulai malam tarwih pertama pada hari Jumat malam 27 Juni 2014 dan melakukan puasa pertama ramadan 1435 H pada hari Sabtu 28 Juni 2014.

Sementara untuk versi pemerintah setelah melakukan sidang Isbat akan melakukan puasa pertama ramadan di Hari Minggu 29 Juni 2014 sehingga dapat dipastikan kalau penentuan awal puasa ramadan tahun ini akan berbeda antara Muhammadiyah dengan pihak pemerintah karena menurut perhitungan satu ramadan jatuh pada hari Jumat malam 27 Juni 2014.

Dalam konprensi pers, Menteri Agama RI yang melaksanakan sidang Isbat tertutup, dihadiri Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin dan perwakilan dari Ormas Nahdatul Ulama menetapkan bahwa Pemerintah RI menetapkan 1 Ramadan 1435 H jatuh pada hari Miggu 29 Juni 2014, akan tetapi bagi umat Islam yang akan melaksanakan ibadah puasa lebih awal kami persilakan, tuturnya.

Sementara itu di pekuburan keluarga di Tinggimae Kel. Lambaselo Kec.Sombaopu Kab.Gowa, suasana haru menyelimuti isteri dan anak-anak almahum H.Donding Dg Ngerang yang berpulang kerakhmatullah pada Hari Minggu 15 Juni 2014.

Keluarga besar yang dipimpin Ibunda Hj.Zainab Daeng Tjaya bersimpuh di depan makam almahum, sementara anak-anaknya membacakan doa dan menabur bunga di pusara ayahanda H.Donding Daeng Ngerang. Usai acara tabur bunga, Penulis melanjutkan perjalanan ke Pekuburan Islam Dadi di Jalan Onta Makassar, untuk ziarah kubur di pusara Ibunda Sittiara Daeng Lebang yang letaknya disisi makam adinda Alimuddin dan Abdul Salam, sekaligus menziarahi makam Kakanda Idris Daeng Talli dan isterinya Djamilah Daeng Kanang, termasuk nenekda Bebasa dan sanak family yang dikubur di Pekuburan Islam Dadi Makassar.

Kondisi peminta-minta bagi pekerja kubur adalah situasi biasa, karena itu untuk mensiasati berkerumunnya peminta-minta maka sebaiknya ditunjuk satu orang yang menjadi oordinatornya. Khusus di pekuburan almarhum Ibunda Sittiara Daeng Lebang, Penulis menunjuk Ny. Nurlia Taba yang selama ini sebagai penanggungjawab dalam pembersihan dan pemeliharaan kuburan.

Akhirnya selamat melaksanakan Ibadah puasa Ramadan 1435 H baik yang mengikuti pola perhitungan (hisab) maupun yang memilih melihat bulan (rukyah), semoga dengan kehadiran bulan suci Ramadan 1435 H kita jadikan momentum untuk membenahi diri dan menjalankan ibadah puasa dengan rukun dan damai, salamaki.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>