Adik-adik Mahasiswa Semester IV Jurusan Kesejahteraan Sosial (Kesos) pada Universitas Islam Nehei (UIN) Makassar, melaksanakan Perkemahan Sabtu-Minggu (PERSAMI) di Pegunungan Dusun Datara Desa Mangempang Kecamatan Bongaya Kabupaten Goowa, tanggal 31 Mei s/d 1 Juni 2014.

Perkemahan di Datara

Persami ini merupakan rangkaian dari kegiatan rutin Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kompi UIN Makassar. Setelah berlatih secara rutin setiap Hari Sabtu di Kampusnya di Samata, kali ini melaksanakan Perkemahan di Pegunungan Datara.

Aktifitas yang dilakukan di luar kampus sebagai kegiatan estrakurikuler dilepas Ketua Jurusan Kesos, Dra.Tanti Irwanti Said, M.Pd dengan koordinator penanggungjawab lapangan Drs.H.Syakhruddin.DN,M.Si dibantu para instruktur, masing-masing Muhlis Moed, Drs.Daniyal opo,M.Si, Dedy Sugiawan, Abd. Rahim Daeng Emba dan beberapa orang relawan yang ikut ke Pegunungan Datara termasuk empat orang dari SAR Bocha Gowa.

Pelaksanaan kegiatan yang berlangsung lancar, dimana 43 orang peserta masing-masing saling berboncengan motor menuju ke kaki pegunungan Datara, selanjutnya menyimpan sepeda motornya di rumah Kepala Dusun lalu melakukan pendakian di tengah sinar matahari, sementara barang-barang perbekalan dan tas rangsel di angkut menggunakan kendaraan pickup milik Kepala Dusun Datara.

Para anggota TAGANA berbekal satu liter Beras dan tujuh bungkus indomie. selanjutnya dikumpulkan dan dimakan secara bersama-sama di lokasi Persami, mereka  saling bahu membahu dalam membentuk sebuah tim yang tangguh. Mereka mendapatkan begitu banyak pengalaman lapang seperti mengangkut korban dari bibir jurang, menolong mereka yang patah kaki dan melaporkan melalui komunikasi radio bekerjasama dengan CORE Sulsel.

Kajur Tanti Irwanti menyambut baik kegiatan rutin tersebut, selanjutnya setelah final test nanti mereka akan meningkatkan pelatihan dengan pertolongan di lautan, karena itu peserta akan dibawa ke Tanjung Merdeka untuk pertolongan di laut. DIharapkan dengan pelatihan rutin maka mereka akan semakin tanggap bilamana terjadi musibah bencana alam dan Kompi UIN siap memberikan dukungan dan partisipasinya.

Lukman yang ditunjuk sebagai koordinator alumni menyatakan puas dengan kegiatan di luar kampus, sekaligus menambah pemahaman mereka tentang arti dari pekerjaan sosial yang pada gilirannya siap bekerja di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai pengetahuan praktis yang telah dimiliki selama mengikuti perkuliahan di Kampus Peradaban Universitas Islam Negeri di Samata-Gowa.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>