Kepala Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial (Kabadiklitkesos) Kementerian Sosial RI, DR.Ir.Raden Harry Hikmat,M.Si membuka Diklat Pendampingan Sosial Bagi Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat (TKSM) dan Pelayanan Terpadu dan Gerakan Masyarakat Peduli Kabupaten/Kota Sejahtera (Pandu Gempita), bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Selasa 11 Maret 2014.

 20140311_205735

20140311_224244

Kegiatan Diklat berlangsung selama lima hari dari tanggal 11 s/d 15 Maret 2014 diikuti 150 peserta, utusan dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 25 orang, Kota Makassar 25 orang dan selebihnya utusan tuan rumah Kabupaten Bantaeng sebanyak 100 orang.

Pelaksanaan kegiatan Diklat Pendampingan TKSM dan Pandu Gempita dihadiri Bupati Bantaeng diwakili Drs.Muhammad Yasin,MT Kadis Sosial Nakertrans, Syamsul Suli,SE,MS dan acara pembukaan diawali dengan laporan Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional V Sulawesi, DR.Abdul Hayat,M.Si dan Bapak Thalib Widyaiswara Kementerian Sosial R.I.

Selama kegiatan Diklat Pendampingan Sosial berlangsung, para peserta ditempatkan di rumah-rumah penduduk yang terletak di Kampung Panoang Desa Baruga Kecamatan Pajukukang Kabupaten Bantaeng, sementara untuk peserta Rakor Pandu Gempita dipusatkan di Hotel Pantai Marina Kabupaten Bantaeng.

Diklat TKSM Bantaeng

20140312_091038

Bapak Drs.H.Sudarman,M.Si selaku Widyaiswara BBPPKS Regional V Sulawesi menegaskan, para peserta Diklat tidak lagi tidur di hotel-hotel berbintang melainkan peserta langsung berbaur dengan masyarakat yang diawali dengan materi pelajaran berupa :

(1) Charter Building dan Komitmen Belajar (2) Dialog Interaktif bersama Narasumber Kepala BBPPKS Regional V Sulawesi DR.Abdul Hayat,M.Si, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantaeng, Syamsul Suli,SE,MS dan Widyaiswara dari Kementerian Sosial RI.

(3) Membangun identitas kelompok (4) Simulasi Tehnik Participatory Research Appraisal (PRA) (5) Partisipatory Assesment Planning (6) Penyusunan Action Plan Matrix.

Selain itu pihak BBPPKS Regional V Sulawesi mengemukan bahwa beliau akan menghadirkan Menteri Sosial Salim Seggaf Al-Jufri pada pencanangan (lounching) “Pelayanan Terpadu Dan Gerakan Masyarakat Peduli Kabupaten/Kota Sejahtera (Pandu Gempita)”  pada bulan April mendatang.

Tepatnya tanggal 17 April 2014, semoga saja jadwal ini sudah tidak berubah, ungkap Sudarman kepada Pemimpin Redaksi Tabloid Bawakaraeng di Desa Baruga Kecamatan Pajukukang Kabupaten Bantaeng.

Sdr. Hamsyi dan Ir. Abdul Gani dua peserta dari Kota Makassar mengatakan, pola pelatihan seperti ini akan dirasakan secara langsung bagaimana kehidupan di masyarakat, sehingga ini perlu diteruskan. Kalau selama ini Diklat dilaksanakan di hotel-hotel di Kota Makassar, maka kini paradigma itu harus di rubah dengan memberi penguatan kepada warga dan berbasiskan kearifan lokal.

Senada dengan itu, Kadis Nakertrans Kab. Bantaeng Bapak Syamsul Suli, menyambut baik dengan ditunjuknya Kabupaten Bantaeng sebagai tempat penyelenggaraan Diklat Pendampingan Sosial bagi  (Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat (TKSM) yang kini bertekad untuk menjadikan daerahnya sebagai pusat pertumbuhan ekonomi di bagian selatan Provinsi Sulawesi Selatan, Salamaki.

Salam takzim,
 
website : syakhruddin.com  SMS : 081 2424 5938
email 2 : syakhruddin@yahoo.co.id  Pin Android :7BCE 92D9
call sign : YD8HSY/Communications Rescue 01
Jalan Andi Tonro I No.6 Makassar 90222

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>