SETAHUN MASA PENSIUN BERLALU

Seperti tiada terasa perjalanan waktu, sudah satu tahun lamanya menjadi “Pensiunan Pegawai Negeri Sipil tepatnya pada hari ini, Sabtu 1 Februari 2014. Ini semua karena banyaknya kesibukan dalam organisasi pertolongan yang bersifat emergency lalu asyik menjadi dosen luar biasa  di kampus peradaban pada Universitas Islam Negeri (UIN) Samata-Gowa. Foto DI Kampus

Waktu akan terus bergulir, generasi tua pergi, generasi muda bangkit, siap memikul tanggungjawab, Indonesia tanah airku, disanalah aku berdiri, jadi pandu ibuku. “Potongan lagu ini menunjukkan bahwa seseorang harus siap dengan perubahan karena tidak ada yang abadi, kecuali perubahan itu sendiri.

Menikmati masa pensiun, adalah masa kemerdekaan, masa untuk lebih mendekatkan diri ke sang khalik, dan mempersiapkan diri untuk bekal dalam perjalanan hidup berikutnya.

Kilas balik pengabdian berawal dari pengangkatan pertama di Kanwil Depsos Prov.Kaltim di Samarinda pada tanggal 1 Februari 1979 bersama kakak dan sahabat Penulis yang bernama Drs.H.Abdul Azis Muhadji,M.Si dan pensiun 1 Februari 2013 pada Dinas Sosial Prov. Sulsel di Makassar.

Selama 34 tahun malang melintang di dunia profesi pekerjaan sosial sehingga di akhir pengabdian masih memungkinkan untuk berbagi ilmu pengetahuan dengan anak-anak mahasiswa yang saat ini menggeluti dunia dan profesi pekerjaan sosial.

 Selama satu tahun ini menikmati suasana baru dan alam kebebasan yang terlepas dari aturan birokrasi. Kesempatan itu digunakan untuk berjalan-jalan keberbagai kota seperti Yogyakarta, Jakarta dan Palembang. Bersilaturahmi kepada sahabat dan tentunya lebih banyak berkunjung ke toko buku untuk mendapatkan buku-buku yang best seller dan sesekali nongkrong untuk kongkow-kongkow di café sembari mengutak-utik laptop untuk mengisi blog.

Perjalanan 12 bulan di era pensiun benar-benar menikmati kebebesan dan tanggal empat setiap bulannya ke Kantor Pos dan Giro Mattoanging Makassar untuk menerima uang pensiun serta menerima uang setoran dari dua belas buah kamar kost yang tersedia.

Selain itu membenahi beberapa komponen rumah bilamana ada keluhan pelanggan. Umumnya karena pengaruh hujan sehingga ada beberapa rembesan maka perlu pembenahan begitu juga dengan aliran listrik atau sampah yang terlambat dijemput petugas. Semua itu menjadi kesibukan tersendiri yang mengasyikkan.

 Sementara menjadi dosen luar biasa, juga aktif menjadi pemimpin redaksi di Tabloid Bawakaraeng Gowa dan mengisi acara sebagai penyiar di Radio Kampus Syiar 107,1 FM dalam acara “Beranda Sosial”

Radio Kampus

Akhirnya, pensiun  itu pasti tiba sebagaimana kematian itu pasti datangnya, kepada yang masih aktif kami berpesan, persiapkan dirimu sebelum pensiun karena bila tidak siap maka penyakit “power syndrome” kini menanti anda, salamaki.

 Salam takzim,

website  : syakhruddin.com   SMS : 081  2424  5938
email 1  : syakhruddin@gmail.com   Pin BB : 2A2 FC 722
email 2  : syakhruddin@yahoo.co.id  Pin Android : 7BCE 92D9
Jalan Andi Tonro I No. 6 Makassar 90222

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *