GONG XIE FAT CAI

Kawasan Pacinan di Jalan Sulawesi Makassar dipenuhi dengan lampion indah dengan warna khas merah. Hari ini, Kamis malam  30 Januari 2014 merupakan tahun  baru yang diperingati oleh Saudara kita dari keturunan Tionghoa dan lebih akrab di sebut “Tahun Baru Cina” sehingga kepadanya juga patut kita ucapkan “Gong Xie Fat Cai”

Gong Xie Fat Cai

Sesuai dengan penanggalan atau kalender shio, maka tahun ini, umat manusia berada dalam pengaruh “Shio Kuda” dan menjadi pemahaman kita bersama bahwa sifat dasar kuda itu binal. Sehingga dapat diprediksi di tahun 2014 merupakan tahun politik akan terjadi begitu banyak peristiwa alam yang terkaitan dengan kebrutalan, huru-hara dan tentunya bisa berdampak pada kekacauan politik.

Jelang perayaan Imlek 2565/2014 warga keturunan Tionghoa di Makassar melaksanakan ritual pencucian patung Dewa, di Klenteng Xian MA, Jalan Sulawesi Makassar, Rabu 22 Januari. Pencucian Dewa, diyakini dapat menambah berkah dari bisnis yang ditekuni.

Para Pencuci patung umumnya orang tua yang dianggap lebih memahami sistem kepercayaan, setelah dicuci patung-patung Dewa juga dihiasi dengan perhiasan baju yang biasanya berwarna merah. Patung-patung itu bernama, Patung Mulia, Patung Dewi Kwam Im, kesemuanya proses pembersihan dilakukan dengan penuh ketekunan.

Menjelang acara penggantian tahun tepatnya dimalam jumat 30 Januari 2014 terdengar juga bunyi petasan ini menunjukkan bahwa malam pergantian tahun yang akan jatuh besok tepatnya Jumat 31 Januari 2014 akan menjadi memontum penting dalam kehidupan warga Tionghoa dan kepadanya kita ucapkan, “Gong Xie Fat CoI”, Salamaki

 Salam takzim,
 
website  : syakhruddin.com   SMS : 081  2424  5938
email 1  : syakhruddin@gmail.com   Pin BB : 2A2 FC 722
email 2  : syakhruddin@yahoo.co.id  Pin Android : 7BCE 92D9
Jalan Andi Tonro I No. 6 Makassar 90222

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *