TIM JAGUAR BERTEMU NENEK BERTONGKAT

Berita hilangnya empat orang pelajar di Puncak Gunung Bawakaraeng, seakan tertelan dengan berita bencana banjir bandang di Kota Manado, akan tetapi menjadi perhatian utama bagi anggota Tagana Gowa dan Tim Communication Rescue (CORE) Orarida Sulawesi Selatan.

Tim Core Sulsel

Ditengah guyuran hujan lebat, Tim CORE beranggotakan 9 orang di Pimpin CORE 02, Drs. Daniyal Opo,M.Si menuju Lembangna di kaki Gunung Bawakaraeng, lalu membuka Posko pertolongan di depan rumah kediaman TATA RASYID yang tetua gunung dan sering dijuluki juru kunci Gunung Bawakaraeng.

Empat pelajar yang hilang masing-masing, IVAN (17 thn), ALDI (16 thn) SMA Mahaputra dan Andra (16 thn) serta IKSAN (16 thn) SMA Wahyu Makassar, mereka mengalami disorientasi medan atau tersesat di Gunung Bawakaraeng.

Keempat pelajar tadi melakukan pendakian dalam kondisi cuaca yang sangat ekstrim pada hari Minggu 12 Januari 2014 dan diperkirakan tiba kembali pada hari Selasa 14 Januari 2014 bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1435 H. namun sampai hari Jumat 17 Januari 2014 belum juga nampak batang hidungnya.

Tim SAR yang terdiri dari Basarnas, SAR Martim, SAR UNM, Tagana dan para relawan keluarga, melakukan pencarian sejak Rabu 15 Januari 2014, namun sampai hari Jumat 17 Januari 2014 belum juga ditemukan jejak keempat pendaki pemula, sementara cuaca sangat tidak bersahabat.

Tim TAGANA Gowa yang dikoordinasi Drs.Baharuddin Rauf menugaskan Tim Dapur Umum Lapangan (Dumlap) untuk membuka Posko pertolongan di Lembangna, untuk memberi layanan permakanan bagi para relawan  dan anggota keluarga yang datang membantu.

Pihak keluarga sebanyak 20 orang beralamat di Jalan Urip Sumiharjo Lorong 4 Makassar, turut berposko di Lembangna. Kepada Daniyal Opo menyebutkan bahwa keempat pendaki ini masih memilih hubungan keluarga, untuk pengalaman mendaki gunung hanya IVAN yang mendaki untuk kedua kalinya sedang tiga orang lainnya masih pemula.

Upaya penyisiran dan pencairan terus dilakukan, termasuk “Tim Jaguar” menuju Lembah Rammang. Tim Jaguar meninggalkan Lembangna Pukul 17.00 Wita tgl 17 Januari 2014 dalam kondisi cuaca hujan lebat dengan jarak pandang terbatas karena kabut yang sangat tebal.

Jarak tempuh dari Lembangna ke Rammang dapat ditempuh sekitar 4 jam dalam keadaan normal, sementara Tim Kedua yang sudah berada di Pos 7 juga mengalihkan pencarian ke Lembah Rammang karena mendapat informasi kalau keempatnya terlihat oleh pendaki lainnya menuju kearah Lembah Rammang.

Dihari kedua pencarian pada hari Sabtu, 18 Januari 2014 Tim Jaguar menemukan jejak kaki antara Pos IV dan Pos V, disana juga ada bekas pembakaran kayu untuk memanaskan diri dari terpaan dingin dan kabut tebal. Menurut pengamatan Tim Jaguar, jejak kaki mengarah ke bagian selatan yang menghubungkan Kabupaten Sinjai.

Menjelang saat dhuhur di hari Sabtu 18 Januari 2014, Tim Jaguar melihat seorang bayangan wanita yang berjalan namun kakinya tidak menyentuh tanah. Tim Jaguar lalu mengamati pada jarak sekitar lima meter, namun Tim Jaguar hanya bisa melihat bagian belakangnya.

Sejurus kemudian ada seorang “Nenek yang sedang pakai tongkat” dari arah yang berlawanan, Tim Jaguar lalu mengikuti bayangan nenek yang bertongkat.  Dengan di pandu oleh Daniyal Opo dari Lembangna, Tim Jaguar diminta mengucapkan salam, “Assalamu Alaikum Warakhmatullahi Wabarakatuh”

Dari pengakuan Tim Jaguar, dirinya seakan duduk di atas dua buah batu dan saling berhadapan dengan Sang Nenek. Dipesankan oleh sang Nenek, “Silakan turun gunung dan ambil besi yang pernah engkau terima dahulu di puncak Gunung Bawakaraeng”

Pencarianmu hari ini belum ada izin dari pemilik Gunung Bawakaraeng, sementara satu diantara pendaki sudah dibawa ke Lompobattang, jadi mungkin akan didapatkan raganya saja, namun kali ini belum ada izin.

Tim Jaguar akhirnya memutuskan kembali ke Pos Lembangna dengan membopong salah seorang teman pendaki yang kakinya terkilir, semoga usaha Tim Jaguar dapat berhasil pada pendakian berikutnya, salamaki.

Salam takzim,
 
website  : syakhruddin.com   SMS : 081  2424  5938
email 1  : syakhruddin@gmail.com   Pin BB : 2A2 FC 722
email 2  : syakhruddin@yahoo.co.id  Pin Android : 7BCE 92D9
Jalan Andi Tonro I No. 6 Makassar 90222

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.