SEKPROV SULSEL PENSIUN

syakhruddin
Read Time3 Minutes, 2 Seconds

Sekretaris  Provinisi  Sulawesi Selatan, Andi Muallim mengakhir pengabdiannya Selasa 31 Desember 2013, beliau baru saja merayakan ulang tahunnya ke-60 tahun dan untuk menghindari kevakuman, Gubernur Syahrul Yasin Limpo menunjuk Kepala Dinas Bina Marga Sulawesi Selatan, Abdul Latief untuk menjadi pelaksana tugas Sekprov Sulsel.

IMG_0106

Mantan Sekprov Sulsel, Andi Mualim yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dana bansos tahun 2008  yang bernilai Rp 8,86 miliar  dan pada hari Senin 30 Desember 2013 pihak Kajati Sulsel mengklaim, keterangan Andi Muallim menguatkan temuan penyidik terkait adanya pelanggaran dalam pembahasan dan pencairan dana bansos itu.

Kajati Sulsel menetapkan Andi Muallim sebagai tersangka dalam kapasitas sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Ia diduga secara bersama-sama melakukan tindakan dengan Bendahara Pengeluaran Pemprov Sulsel Tahun 2008,  Anwar Beddu yang menyebabkan terjadinya kesalahan dalam penyaluran dana bantuan sosial.

Hal ini mengakibatkan negara mengalami kerugian hingga Rp 8,86 miliar. Terkait dengan kelanjutan proses penyidikan kasus bansos, tim penyidik bidang pidana khusus Kajati Sulsel telah memeriksa beberapa pihak, termasuk belasan Anggota DPRD Sulsel aktif.

Dari daftar anggota DPRD yang dimuat diberbagai media dan telah dimintai keterangan atau sebagai saksi, masing-masing ;

  1. Mujiburrahman (PDK)
  2. Adil Patu (PDK)
  3. Moh. Roem (Ketua DPRD Sulsel/Golkar)
  4. Yagkin Padjalangi (Golkar)
  5. Kahar Gani (Golkar,mantan Kader PDK)
  6. Burhanuddin Baharuddin (Golkar,sekarang Bupati Takalar)
  7. Syamsuddin (Sekarang wabup Bulukumba/mantan sekretaris DPRD Sulsel)
  8. Syahrir Lengko (Golkar)
  9. Akmal Pasuldin (PKS)
  10. Suryadharman (PKS/mantan Plt.Ketua DPRD Sulsel)
  11. Amru Saher (PKS/Sekarang wabup Luwu)
  12. Dosi Amiruddin (PAN)
  13. Bukhari Kahar Muzakkar (PAN)

Hari-hari mendatang bagi Andi Mualim merupakan saat pensiun namun kondisi itu tentu akan mengganggu suasana istirahat karena adanya penetapan sebagai tersangka dari Kajati Sulsel. Muallim pascapemeriksaan didampingi penasihat hukumnya, Tadjuddin Rahman,SH mengatakan bahwa pencairan dana bansos itu atas pertimbangan biro keuangan dan biro KAPP.

Bagaimana kelanjutan terhadap pusaran dari kasus ini, kita nantikan prosesnya melalui Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan, sekaligus kita patut mengucapkan terima kasih atas segala pengabdian yang telah diberikan selama menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dan terakhir kali menjadi Ketua Panitia HKSN Tahun 2013 Tingkat Nasional yang dilaksanakan di Lapangan Karebosi Makassar.

Sementara itu, Gubernur Syahrul Yasin Limpo mengatakan, setelah Muallim pensiun maka jabatan Sekprov tidak boleh vakum, Nama-nama calon Sekprov defenitif akan segera diusulkan ke Mendagri. “Saya mau Latief (Abdul Latief) tidak ada calon lain. Alasan sehingga memilih Latief karena dia dianggap mampu berkoordinasi dan menjalankan tanggungjawabnya dengan baik.

Soal kekosongan jabatan Kepala Dinas Bina Marga, itu akan segera kita isi, “kata Gubernur. Terpisah dengan pengamat kebijakan pemerintah “Deddy Tikson” menyebutkan, itu adalah hak prerogatif gubernur untuk menentukan siapa yang akan mengisi posisi Sekretaris Gubernur dan mengusulkan siapa yang dipilih dan Mendagri hanya menyetujui usulan tersebut.

Ir.Abdul Latief,M.Si,MM Lahir di Pinrang 18 Agustus 1958,Pangkat Pembina Utama Madya (IV/d), riwayat jabatan mantan Kepala Dinas Prasarana Wilayah Sulsel eselon II/a tahun 2008 dan Kepala Dinas Bina Marga Eselon II/a tahun 2009 dan terhitung 31 Desember 2013 menjadi Pelaksana Tugas Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan.

Dari dua konteks diatas, maka kita dapat menarik hikmah bahwa semua jabatan akan berakhir, yang paling indah adalah mengakhiri jabatan dengan manis tanpa terkait dengan masalah hukum, sehingga masa pensiun adalah saat indah bersama keluarga dan anak-anak.

Bagi yang baru akan menjabat, hendaknya semua ini menjadi pelajaran berharga, bahwa keputusan yang sifatnya ada sindikasi penyimpangan pada gilirannya cepat atau lambat, akan juga tercium ke publik, sebagaimana “menyimpan durian, lama-lama berbau juga

Akhirnya selamat tinggal tahun 2013 dan mari kita sambut tahun gegap gempitanya politik di tahun 2014 dengan penuh optimisme dibawah pengaruh “Shio Kuda Kayu” yang akan diperingati warga masyarakat Cina pada hari Jumat 31 Januari 2014 dengan ucapan “Gong Xie Fat Cai” Salamaki.

Salam Takzim,

website  : syakhruddin.com   SMS : 081 2424 5938

email 1  : syakhruddin@gmail.com   Pin BB : 2A2 FC 722

email 2  : syakhruddin@yahoo.co.id  Pin Android : 7BCE 92D9

HP Alternatif :  0878 4217 6989 –  HP.   0896 9526 7889

 

 

0 0
0 %
Happy
0 %
Sad
0 %
Excited
0 %
Angry
0 %
Surprise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

SELAMAT TINGGAL TAHUN 2013

Selasa, 31 Desember 2013 adalah saat untuk menutup lembaran sejarah dan mempersiapkan diri pada Pukul 00.00 Wita menyambut Fajar 1 Januari 2014.  Segala persiapan untuk pelepasan dan penyambutan sudah dimantapkan, walaupun kondisi cuaca sejak pagi hingga Pukul 14.00  Wita kondisi hujan menyelimuti Kota Makassar. Dan suatu hal yang menjadi hadiah […]

JOIN US

untuk mendukung berdirinya web ini