Belajar tak mengenal batas usia, sepanjang seseorang masih ada semangat belajar, maka kesempatan akan terbuka luas. Demikianlah kondisi yang dirasakan pada 11 orang Mahasiswa nonreguler pada Universitas Islam Negeri (UIN) Jurusan/Konsentrasi Kesejahteraan Sosial.

Bimbingan DI Kolam Mario

Para Mahasiswa ini sejak empat tahaun lalu memulai proses perkuliahan, ada dari kalangan pegawai swasta, imam masjid, kepala desa, guru bahkan  ibu rumah tangga begitu juga mahasiswa murni yang mencoba melakukan perubahan nasib dengan kuliah di ahri sabtu/minggu. Keseriusan mereka akhirnya sampai di semester VII dan akan menyusun skripsi.

Prosesi pengejaran gelar ini, seakan terus berpacu dengan jalannya waktu, mengingat sudah batas akhir perkuliahan, mereka diwajibkan menyusun skripsi dan untuk konsultasi awal di pilihlah lokasi di Kolam Mario / Cafe Mario Kabupaten Gowa untuk proses pendalaman materi penelitian.

Banyak hal yang menjadi topik bahasan, mulai dari judul, tehnik penulisan dan gaya bahasa termasuk penulisan huruf kapital dan penempatan ayat-ayat yang berkaitan dengan judul tulisan. Semua dibahas secara kelompok dan selanjutnya menjadi bahan rujukan bagi masing-masing penyusun, dan inilah sebuah perjuangan panjang dalam meraih gelar sarjana.

Proses pengejaran “Topi Sarjana” ini tentunya dibarengi dengan kesungguhan, semangat belajar dan dukungan keluarga. Mereka amat serius di saat mendapatkan masukan dan petunjuk yang dilakukan oleh Penulis dalam kapasitasnya selaku pembimbing umum dalam tata cara penulisan yang baik dan benar.

Disini semua potensi intelektual dipertaruhkan, alasan memilih judul dan metodologi yang digunakan menjadi topik bahasan, seakan menjadi ajang dialog yang saling melengkapi, sembari menikmati kopi dan pisang kipas,  sebagian lain berceloteh, bahwa semua ini demi meraih ” Topi Sarjana Di Cafe Mario” tuturnya.

Usai proses pembahasan secara umum, Penulis melanjutkan untuk melatih Mahasiswa reguler dalam bidang ke-Tagana-an. Karena kondisi hujan sehingga tidak semua Mahasiswa hadir, terlebih lagi cuaca alam yang kurang bersahabat. Akan tetapi mereka yang tetap bertekad latihan, selalu hadir dalam kesempatan pertama.

Pelaksanaan latihan yang berlangsung Sabtu, 28 Desember 2013 merupakan pelatihan akhir tahun dan selanjutnya akan membuka lembaran baru di tahun 2014. Insya Allah, perekrutan Tagana khusus Kompi UIN  akan dilaksanakan secara serentak pada Bulan Februari mendatang.

Diklat Tagana

Pelatihan hari ini, dipandu oleh Instruktur Tagana 02 atas nama Muhlis Moed, selanjutnya para peserta menempati Lantai III Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Makassar.

Usai pelaksanaan pelatihan, para peserta latih menuju ke Cafe Jawa Timur yang terletak di depan Kampus Peradaban Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, sembari menikmati suguhan kopi panas dan diskusi lepas bersama para Instruktur, Salamaki

Salam Takzim,

website  : syakhruddin.com   SMS : 081 2424 5938

email 1  : syakhruddin@gmail.com   Pin BB : 2A2 FC 722

email 2  : syakhruddin@yahoo.co.id  Pin Android : 7BCE 92D9

HP Alternatif :  0878 4217 6989 –  HP.   0896 9526 7889

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>