Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uiviversitas Islam Negeri (UIN) Makassar Dra.Hj.Muliaty Amin, M.Ag  menujuk Drs.Hakkar Jaya dan Drs.H.Syakhruddin.DN,M.Si sebagai Instruktur Taruna Siaga Bencana (TAGANA) untuk melatih Mahasiswa/i dalam lingkup Fakultas Dakwah dan Komunikasi, khususnya pada jurusan Pengembangan Masyarakat Islam/Kesejahteraan Sosial (PMI/Kesos).

Latihan Bersama Instruktur H.Syakhruddin

Sabtu 16 November 2013 memulai pelatihan perdana bertempat di Audototium Universitas Islam Negeri disaksikan Wakil Rektor (Warek III) Bidang Kemahasiswaan, DR.H.M.Natsir Siola,M.Ag  dan Kasubag Kemahasiswaan, Drs.Baharuddin Dg Gassing, M.Pd  yang menyaksikan secara langsung pelaksanaan kegiatan latihan perdana.

Menurut Warek III, kehadiran TAGANA di Universitas Islam Negeri merupakan suatu kebutuhan, karena itu kepada Instruktur agar membentuk karakter TAGANA UIN dengan segala kemampuan dan keterampilan yang harus dikuasai, sehingga pada saatnya nanti, Mahasiswa UIN selain memiliki kemampuan sebagai seorang pekerja sosial, juga keterampilan bidang ke-Tagana-an yang handal. Hal ini disebabkan karena saya juga “TAGANA” dan foto terbaik saya adalah yang berpakaian TAGANA, tutur Warek III di depan peserta latih.

Sementara itu, Ketua Tingkat V yang dikoordinasi oleh Sdr.Umi Khalsum mengatakan, apa yang selama ini menjadi kerinduan bagi Mahasiswa untuk menjadi anggota  dan mengikuti Pelatihan TAGANA kini sudah terwujud. Demikian halnya dengan Syarifuddin tyang ditunjuk sebagai koordinator Nonreguler, menyambut baik kegiatan pelatihan rutin sabtu dan minggu dan berjanji untuk melakukan kegiatan di luar kampus, seperti pengetahuan tentang penyelematan di laut, dan Syarifuddin siap memngayomi adik-adik seangkatannnya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Konsentrasi kesejahteraan Sosial (PMI/Kesos), Dra. Irwanti Said, M.Pd mengatakan, kehadiran para instruktur yang memang menguasai dibidang kebencanaan maka akan mempermudah Mahasiswa Untuk menerima ilmu dari para ahlinya. Untuk itu pihaknya akan bekerja sama dengan institusi di luar lembaganya seperti, TAGANA dengan Dinas Sosial, Keanggotaan SAR dan Potensi SAR melalui Badan Penangguilaangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Sulsel yang dinakhodai Bapak Drs.H.Syamsibar serta dengan Biro NAPZA  Ibu Endang Sri Sukarsih yang terkait dengan program Pembinaan Keserasian Sosial berbasis masyarakat

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>