Mahasiswa Semester VII Universitas Islam Negeri (UIN) Jurusan Kesejahteraan Sosial melaksanakan Praktikum II di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) “Gau Mabadji” Samaya Kecamatan Romangloe Kabupaten Gowa dan diterima secara langsung oleh Pimpinan PSTW Gau Mabadji Bapak UDAN didampingi Bapak Sutimbul.

Penerimaan Praktikum

Kunjungan Mahaiswa UIN semester VII nonreguler ini dipimpin langsung Dosen penanggungjawab Mata Kuliah Praktikum II, Drs.H.Syakhruddin.DN,M.Si dengan jumlah Mahasiswa sebanyak 11 orang diterima langsung Pimpinan PSTW Gau Mabadji bertempat di Aula PSTW. Selanjutnya para mahasiswa melakukan dialog langsung dengan pimpinan, kemudian melakukan observasi ke masing-masing Wisma serta berinteraksi dengan para santunan atau penerima manfaat pelayanan.

Bapak UDAN mengatakan, Panti Sosial Tresna Werdha Gau Mabadji Gowa merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial R.I. dengan wilayah penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Lanjut Usia untuk 10 provinsi di Kawasan Timur Indonesia, namun hingga saat ini penghuninya baru baru berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi SuLawesi Barat.

Dijelaskan bahwa dengan bertambahnya angka harapan hidup maka kehadiran para Pekerja Sosial (Peksos) yang memiliki kemampuan dan keterampilan teknis dalam menangani Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) amat dibutuhkan. Sebagaimana dalam Undang-Undang N0. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia, maka keberadaan panti ini juga akan memberikan kontribusi dalam pelayanan kesejahteraan sosial.

Berbagai aktfitas yang telah dilakukan oleh pihak PSTW Gau Mabadji Gowa, selain menjalankan program reguler, berupa pembinaan Lanjut Usia dalam panti, juga mengembangkan program pendampingan dan penjangkauan diantaranya program pelayanan harian (Day Care Services) untuk 30 orang Lansia, pelayanan Home Care Services (HCS) serta Program Pelayanan Trauma Lanjut Usia dan Tim Reaksi Cepat (TRC).

Bapak Sutimbul memperkenalkan semua potensi PSTW Gau Mabadji

Kehadiran Mahasiswa UIN Jurusan Kesejahteraan yang telah memilih PSTW Sebagai lokasi praktikum ini tentunya merupakan pilihan cerdas, apalagi bila ingin dikembangkan secara bersama untuk melakukan pembinaan secara komprehensif¬† di salah satu kawasan di sekitar panti, dengan demikian kehadiran Mahasiswa UIN disatu sisi dan Panti Sosial Tresna Werdha Gau Mabadji sebagai “Show Window” pelayanan kesos dan pembinaan masyarakat sekitar dalam program “Desa Berketahanan Sosial” perlu diberikan dukungan¬† yg maksimal.

Usai penerimaan dan dialog dengan Mahasiswa, selanjutnya Bapak Sutimbul mengantar para praktkum untuk melihat dari dekat tentang kondisi dan keberadaan para santunan yang berada di wisma masing-masing. Sementara Mahasiswa praktikum mendapatkan banyak informasi, pengalaman serta pengetahuan khususnya dalam pembinaan warga atau santunan di Panti tersebut.

Arsidin sebagai ketua tingkat dan koordinator menyatakan, apa yang selama ini diperoleh di kampus secara teori kali ini sudah dapat diaplikasikan di lapangan, demikian halnya dengan Ibrahim Bin Khaer yang mendapatkan izin belajar dari Dinas Sosial Prov. Sulsel mengatakan, banyak hal yang diperoleh melalui kegiatan praktikum semacam ini, dan tentunya para Mahasiswa akan lebih terbuka lagi cakrawala pandang tentang penanganan Penyandang masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) teristimewa dalam penanganan Lansia, salamaki.

www.syakhruddin.com
Email : syakhruddin@gmail.com atau syakhruddin@yahoo.co.id
SMS : 081 2424 5938 Pin BB : 2A2 FC 722

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>