Menyongsong kegiatan Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) yang akan melakukan PPL dan Praktikum serta Pelatihan Dasar TAGANA maka diperlukan persiapan yang matang untuk pelaksanaannya. Untuk perencanaan awal, maka Tim I yang terdiri dari Mahasiswa Nonreguler sebanyak 11 orang akan berkunjung ke Desa Samaya Kecamatan Romang untuk melakukan pemetaan lapangan.

17

Selain itu dikandung maksud untuk melakukan penjajagan di Desa tersebut untuk dijadikan sebagai Desa Binaan UIN Makassar Jurusan Kesejahteraan Sosial, di Samaya terdapat pula Panti Sosial Tresna Werdha “Gau Mabadji” Samaya – Gowa.

Kegiatan PPL ini sekaligus dipadukan dengan Pelatihan Dasar TAGANA bagi Kompi UIN Makassar, disini dimaksudkan untuk membekali Mahasiswa/i dalam hal penanganan bencana berbasis Kampus. untuk itu kepada peserta diklat supaya mempersiapkan diri, berupa kostum seragam, bendera Pataka Tagana dan kesiapan fisik dan mental peserta latih.

Dengan demikian Semester V dan Mahasiswa Nonreguler yang memilih Jurusan Kesejahteraan Sosial akan mengikuti Latihan Dasar sebagai Anggota Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kompi UIN Makassar dan saat ini secara konsekwen telah banyak melalukan aksi sosial dan memberikan kontribusi dalam penanganan bencana di Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Desa Samaya yang selama ini menjadi salah satu Desa Binaan dari Panti Sosial Tresna Werdha “Gau Mabadji” akan dikembangkan secara bersama, antara UPT Kemsos – UIN Makassar dan menjadi laboratorium lapangan bagi Mahasiswa untuk selanjutnya mengembangkan penanganan “Desa Yang Berketahanan Sosial” Salamaki.

www.syakhruddin.com
Email : syakhruddin@gmail.com atau syakhruddin@yahoo.co.id
SMS : 2A2 FC 722

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>