Penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di berbagai Kementerian/Lembaga kini mulai dibuka oleh Pemerintah Republik Indonesia, ada tiga pola yang digunakan, melalui Pemerintah Kabupaten/Kota yang dikenal dengan Pola K1 atau K2, maupun melalui Pemerintah Pusat atau jalur khusus yaitu jalur pendidikan kedinasan.

cpns

Banyak warga masyarakat yang mencoba mengadu nasib untuk menjadi pegawai negeri, dan para calo pegawai juga sudah mulai bergentayangan untuk mencari mangsa dan calon korban yang akan menjadi sasaran empuk, dan untuk mengantisipasi jatuhnya korban maka berikut ini, Penulis memberikan beberapa bahan yang harus dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan sebagai berikut ;

  1. Surat lamaran pekerjaan ditujukan kepada Kementerian/Lembaga
  2. Fas Foto ukuran 4 x 6 cm = 10 lembar
  3. Fas foto ukuran 3 x 4 cm = 10 lembar
  4. Foto copy KTP terbaru
  5. SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang asli
  6. Surat Keterangan Bebas Narkoba (Asli)
  7. Surat Keterangan Berbadan Sehat (Asli)
  8. Kartu Keluarga
  9. Akte Kelahiran
  10. Foto Copy Ijazah SD – SMP – SMA dan Perguruan Tinggi yang telah dilegalisir
  11. Daftar Riwayat Hidup
  12. Surat Izin Orang Tua
  13. Surat Pernyataan Siap Mengabdi di Seluruh Persada Nusantara

Selain itu juga melakukan pendekatan atau lobby-lobby dengan mereka yang terkait di bidang kepegawaian, dan meningkatkan doa-doa selama mengikuti proses pelamaran pekerjaan.

Hanya saja dewasa ini, penipuan semakin merajalela terutama menjelang penerimaan pegawai, seperti yang dilakukan oleh oknum yang mengatasnamakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Brokrasi, dimana surat keputusan (SK) yang ditandatangani oleh Bambang Purwadi dengan bayaran sekitar Rp 100 s/d 130 juta, semua itu adalah penipuan belaka.

Kepada masyarakat umum agar tidak mempercayai kalau ada oknum-oknum yang menawarkan jasa untuk lulus ujian dengan pola instan, ” Jangan percaya jika oknum-oknum yang menjanjikan loos tes CPNS dengan kompensasi dalam bentuk uang” karena semua itu penipuan belaka.

Selamat berjuang semoga bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan bagi yang gagal supaya jangan putus asa karena lapangan kerja masih terbuka luas, dengan menciptakan “Lapangan Kerja Baru”  Salamaki.

Salam Takzim,

www.syakhruddin.com

email : syakhruddin@gmail.com

email : syakhruddin@yahoo.co.id

SMS : 081 2424 5938 PIN : 2A2 FC 722

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>