donor darahSetetes darah menyelamatkan jiwa orang lain, slogan kemanusiaan ini terpampang di berbagai Kantor Palang Merah bahkan di bus PMI tertulis dengan huruf besar “Donor Sekarang”. Di landasi rasa kemanusiaan maka hari Rabu (21/8) kembali mendatangi Palang Merah Indonesia  (PMI) Cabang Makassar pada Unit Transfusi Darah di Jalan Lanto Dg Pasewang No. 55 Makassar, untuk melakukan donor darah yang ke-27 kalinya.

Kegiatan “Donor Darah Sukarela” ini selain untuk membantu sesama,  sekaligus untuk menjaga kesehatan, karena melalui aktifitas donor darah setiap tiga bulan membuat fisik makin fit dan semangat hidup makin menggelora. Keesokan harinya, tiba-tiba tetangga Penulis yang bernama Daeng Tuju, datang membawa potongan daun mangga, rupanya ini realisasi dari janjinya untuk menjadikan tanaman mangga di samping rumah menjadi beraneka ragam buah dan rasanya.

Ini namanya sambung pucuk Pak Haji” ujarnya sambil mengikat potongan daun mangga dan mengikatkan dengan tali rapiah lalu membungkusnya dengan plastik putih bening. Diharapkan dengan “sambung pucuk” ini maka batang induk akan mengeluarkan buah dengan aneka macam rasa, tutur Daeng Tuju yang juga tercatat sebagai pensiunan dari Balai Penelitian Pertanian dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Selatan yang berkantor pusat di Kabupaten Maros.

sambung pucuk

Sambung Pucuk

Usai melakukan penyambungan batang, gema suara mengaji dari Masjid Al-Abrar terdengar, kami bergegas untuk mandi dan mempersiapkan diri melaksanakan sholat Jumat yang mubarak. Daeng Tuju menuju Masjid Al-Abrar dan Penulis mengunjungi Masjid Raya Makassar. Usai pelaksanaan sholat Jumat yang mubarak, Pengurus masjid mengumumkan tentang adanya seorang Muallaf (Memeluk Agama Islam) atas nama Adam Jhon.

Khatib yang pada hari itu adalah K.H.Sanusi Baco,LC sekaligus diminta Pengurus Masjid Raya Makassar untuk memandu Saudara Adam Jhon mengucapkan dua kalimat syahadat dan menyatakan diri memeluk Agama Islam. Para jamaah yang menyaksikan, turut mengaminkan doa yang dipandu Pak Kiyai H.Sanusi Baco, LC sekaligus mengucapkan syukur alhamdulillah atas dipilihnya Agama Islam sebagai keyakinan baru bagi Adam Jhon untuk  menuju jalan menuju Sang Khalik.

Dari rentatan kegiatan, donor darah, sambung pucuk dan muallaf,seakan-akan menunjukkan kepada kita tentang adanya korelasi kehidupan yang saling terkait. Demikian halnya dengan seseorang yang selalu mengirimkan SMS dan menantikan balasan yang membahagiakan, karena melalui pesan singkat akan memberikan spirit untuk tetap hidup dengan penuh semangat.

Oleh sebab itu, mari kita memanfaatkan hidup dan kehidupan untuk saling berbagi, memberi dan menerima sebagaimana pohon mangga yang saling menunjang, antara buah yang pekat dengan buah yang manis sehingga melahirkan bibit baru dari sebuah persilangan benih. Semoga dengan aktifitas seperti itu akan menjadi landasan hidup untuk menjadi panutan bagi anak dan cucu di masa mendatang, karena generasi berikut harus lebih baik dari apa yang kita lakoni dewasa ini, salamaki.

Salam Takzim,

www.syakhruddin.com
email : syakhruddin@gmail.com
email : syakhruddin@yahoo.co.id
SMS : 081 2424 5938 PIN 2A2 FC 722

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>