Seseorang yang mengikuti pendidikan maka pada akhirnya akan berhadapan dengan yang namanya ujian. Demikian halnya dengan adik-adik yang sedang menuntut ilmu pengetahuan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Konsentrasi Kesejahteraan Sosial (Kesos), akan mengikuti ujian final pada hari Kamis dan Jumat (20 s/d 21 Juni 2013) bertempat di Kampus II UIN Samata, Gowa. 
Menyimak proses perjalanan selama 15 kali pertemuan tentunya banyak pengalaman berharga yang diperoleh, baik dari Mahasiswa demikian halnya dari Dosen. Proses belajar mengajar yang terkait dengan profesi yang digeluti tentunya dibutuhkan kerjamasa yang saling membahagiakan. 
Mahasiswa yang datang belajar dengan penuh antusias dan Dosen dengan segala kemampuan ilmu yang dimiliki diharapkan mampu memberikan “ilmu”nya dengan tulus dan ikhlas. 
Hari ini, tibalah masa ujian, atau akhir dari dari sebuah perjuangan panjang. Berbagai pemahaman yang akan diujikan adalah bahan ajar yang peroleh mulai dari bahan kuliah, kerja tugas, hasil diskusi maupun beberapa silabus yang memiliki kaitan terhadap bidang ilmu yang terkait, khususnya pada bidang profesi pekerjaan sosial yang kelak akan melahirkan Pekerja Sosial atau Social Worker. 
Sementara itu, dengan selesainya nanti ujian maka pada akhirnya adik-adik yang lulus akan memasuki jenjang di semester berikutnya, tentunya akan bertemu dengan materi dan mata pelajaran serta Dosen yang berbeda, sementara Sang Dosen akan menghadapi wajah baru yang merupakan lanjutan dari Semester III yang akan naik ke Semester IV. 
Banyak hal yang membuat kadang suasana kelas begitu tenang menerima materi pelajaran, semua perhatian terpusat pada ucapan dan buku yang menjadi pegangan dosen. Berbagai pertanyaan mulai yang serius sampai yang nyeleneh yang terkadang membuat kelas menjadi riuh, suasana seperti itulah yang membuat kehidupan menjadi indah, sebagaimana kata orang bijak, “ Guru itu, di Gugu dan Di tiru.
Kepada adik-adik Semester IV yang akan memasuki jenjang ujian final hendaknya kembali membuka catatan awal hingga akhir, memperhatikan kembali karya tulis yang sudah di setor, mempelajari istilah-istilah khusunya terhadap bahasa Asing yang akan memperkaya dan khazanah perbendaharaan bidang pekerjaan sosial. 
Selanjutnya kepada adik-adik yang selama 15 kali pertemuan tatap muka, kami sangat berharap untuk terus belajar dengan tekun, menyelesaikan sisa mata kuliah di semester mendatang, hingga memasuki jenjang penelitian dan penyusunan skripsi sebagai satu syarat untuk meraih gelar sarjana sosial.
Selamat belajar dan semoga sukses menjadi seorang Pekerja Sosial yang profesional, Salamaki.

Salam Takzim

www. syakhruddin. com

email : syakhruddin@yahoo.co.id

email : syakhruddin@gmail.com

SMS : 081 2424 5938 PIN 2A2 FC 722

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>