Isra Mikraj dan Peresmian Bangunan Baru

Sesungguhnya Sholat itu adalah mikrajnya umat Islam, karena seseorang yang melaksanakan sholat dengan penuh khusyu, melakukan ritual batin, menuju kehadirat Allah, di saat mereka sholat. 
Umat Nabi Muhammad SAW, setelah mengucapkan takbir, lalu meneguhkan doa dan tekad keharibaan Ilahi, berjanji sepenuh hati, bahwa sesungguhnya sholatku-hidupku dan matiku, hanya Allah semata. 
“Maha suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malamdari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tandanaya (kebesaran) kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui (Isra’1).
Demikian sebagian cuplikan, hikmah Isra Mikraj yang disampaikan Drs.K.H. M.Alwi Nawawi, M.Pd (Kepala Bidang Penerangan, Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan), pada acara “Peringatan Isra Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW 1434 H / 6 Juni 2013 dirangkaikan dengan penggunaan Masjid Jami Al-Abrar pada Lantai II yang telah menghabiskan dana pembangunan hampir dua milyar rupiah.  
Dikatakan, membangun masjid, tidak cukup membangun fisik saja lalu dikatakan selesai urusan. Pengurus Masjid, jangan berharap bahwa setelah bangunan yang sudah berdiri megah, urusan pengurus Masjid menganggap tugas selesai ? ternyata belum. Itu baru awal dari segalanya, karena para pengurus, diharapkan mampu memberikan pelayanan. 
Contohnya, bilamana ada warga yang mau potong hewan dan tidak mengetahui tata caranya, maka di Masjid Al-Abrar, harus tersedia petugas yang bisa memotong hewan, demikian halnya, terhadap layanan umat yang akan di khitan, mau kawin, meninggal dunia, termasuk penyiapan modal usaha serta klinik kesehatan, sebaiknya semua ini difikirkan dan tersedia disini. 
Dan itulah, profil sebuah masjid yang ideal. Hal ini tentu sejalan dengan tema yang diusung pengurus, yaitu “Dengan Peringatan Isra Mikraj, Nabi Besar Muhammad SAW, kita tingkatkan fungsi Masjid sebagai pembinaan kader dan pembentukan karakter” Pada kesempatan tersebut, Ketua Pengurus Masjid Jami Al-Abrar Jalan Sultan Alauddin Makassar mengatakan, Pembangunan Masjid Al-Abrar Lantai, yang baru selesai dikerjakan selama dua tahun 50 hari, menghabiskan dana hampir Rp 2 juta rupiah, sekitar Rp 1,94 juta, diperoleh melalui bantuan para donator. 
Untuk itu semua, Pengurus mengucapkan syukur alhamdulilah dan semoga amal ibadah para jamaah, diterima disisi Alllah SWT. Dan kami akan terus bertekad untuk memberikan pelayanan terbaik pada masjid ini, “tuturnya. 
Adapun rangkaian acara pelaksanaan Peringatan Isra Mikraj dan peresmian penggunaan Masjid Jami Al-Abrar, berturut-turut diawali dengan pembacaan kalam ilahi, laporan ketua panitia pelaksana, sambutan dari kelurga pewakaf, diwakili  Fausan Wahab, Kepala Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tamalate dan Kepala Seksi Pendidikan Agama pada Kementerian Agama Prov. Sulsel. 
Di katakan bahwa yang termasuk kategori masjid yang bagus, bilamana pengelolaannya, tata laksana dan administrasi tertib, jamaahnya selalu memakmurkan masjid serta menjadi pusat pembinaan umat. Sebelum menutup ulasannya, K.H.Alwi nawawi mengunci penjelasannya, bahwa tempat terbaik itu ada di Masjid. 
Oleh sebab itu, proses Isra Mikraj itu merupakan perjalanan Isra dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjidil Al-Aqsa di Palestina, selanjutnya Mikraj ke Sidratul Muntaha untuk menerima perintah Sholat, yang merupakan pemenuhan undangan Tuhan kepada kekasih Allah yaitu Nabiullah Muhammad SAW. 

Makna besar dari peristiwa Isra dan Mikraj ini, hanya terjadi sekali sejak dunia ini dibentuk dan hanya berlaku pada diri Rasulullah Muhammad SAW. Hadir pada kesempatan tersebut, Lurah Pa-Baeng-Baeng, Drs. M.Arif, para jamaah Masjid Al-Abrar, Ketua LPM Pa-Baeng-Baeng, Sdr. Muh. Arfai yang kini mempersiapkan diri untuk menjadi calon anggota DPRD Kota Makassar.

Puncak acara,ditandai dengan pembacaan doa, atas pemanfaatan Masjid Jami Al-Abrar yang baru  dipimpin langsung Drs.K.H. M.Alwi Nawawi, M.Pd

Salam Takzim,
www.syakhruddin.com
email : syakhruddin@gmail.com
email : syakhruddin@yahoo.co.id
SMS : 081 2424 5938 PIN 2A2 FC 722

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *