Dalam rangka review kurikulum pada semua jurusan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, maka pada Hari Selasa,14 Mei 2013 sekitar Pukul 13.00 Wita.

Dilaksanakan pertemuan membahas tentang, rekonstruksi kurikulum, penetapan core kurikukulum dan pembentukan tim. 
Ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat  Islam (PMI) Konsentrasi Kesejahteraan Sosial, Dra.Irwanti Said, M.Pd pada kesempatan tersebut, didampingi sekretarisnya memimpin pertemuan dihadiri dosen tetap dan dosen luar biasa. Pertemuan mengharapkan masukan, saran dan pertimbangan dari beberapa mata kuliah wajib yang menjadi kompetensi universitas. 
Para dosen yang diundang selain dosen diharapkan dapat membuat rancangan proposal dan alasan tentang penggantian kurikulum, sehingga bisa menjadi Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB). 
Sebagaimana visi dari jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Konsentrasi Kesejahteraan Sosial, terdapat beberapa mata kuliah yang menjadi kompetensi utama kesejahteraan sosial seperti, Dasar-Dasar Pembangunan Sosial, Perencanaan dan Kebijakan Sosial, Nilai dan Etika Pekerjaan Sosial, Pelayanan Anak dan Perempuan.
Pekerjaan Sosial Internasional dan Kapita Selekta Kesejahteraan Sosial, termasuk didalamnya Praktikum I dan II yang harus diikuti oleh para Mahasiswa UIN Jurusan Kesejahteraan Sosial. 
Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat senat Lantai II Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar di Kampus II Samata, Gowa berlangsung lancer, selanjutnya akan dibahas lebih mendalam pada masing-masing anggota kelompok yang akan dibagi dalam kelompok kerja (Pokja) I dan Pokja II. 
Dengan demikian, mata kuliah yang tidak lagi relevan, akan diganti sesuai dengan ketentuan yang telah dikeluarkan pihak Dikti dan Ikatan Profesi Pekerjaan Sosial Indonesia (IPPSI) di Jakarta. Adapun mata kuliah yang tergabung dalam kompetensi utama kesejahteraan sosial, meliputi ;
  1. Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial
  2. Pengantar Sosiologi
  3. Pengantar Ekonomi Umum dan Syariah
  4. Dasar-Dasar Pembangunan Sosial
  5. Perilaku Manusia dan Lingkungan Sosial
  6. Psikologi Sosial
  7. Patologi Sosial
  8. Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial
  9. Perencanaan dan Kebijakan Sosial
  10. Analisis Masalah Sosial
  11. Metode-Metode Pekerjaan Sosial
  12. Metode Penelitian Kualitatif
  13. Metode Penelitian Kuantitatif
  14. Nilai dan Etika Pekerjaan Sosial
  15.  Intervensi Makro
  16. Masalah Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
  17. Pelayanan Anak dan Perempuan
  18. Distim Hukum dan perundang-Undangan Sosial
  19. Disabilitas dan Gerontologi
  20. Pekerjaan Sosial Internasional
  21. Pekerjaan Sosial Industri
  22. Kapita Selekta Kesejahteraan Sosial
  23. Praktim 1
  24. Praktikum 2
Setelah para Mahasiswa menyelesaikan tugas perkuliahan dan praktikum, selanjutnya akan menyusun skripsi sesuai dengan judul yang diajukan ke pihak universitas, setelah mendapatkan rekomendasi dari para pembimbing, salamaki
Salam takzim,
www. syakhruddin.com
email : syakhruddin@gmail.com
email : syakhruddin@yahoo.co.id
SMS : 081 2424 5938 PIN 2A2 7F 722

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>