Kementerian Sosial R.I. di Jakarta, melalui Panglima Besar TAGANA Indonesia, Andi Hanindito akan melaksanakan kegiatan SBKS (Safari Bhakti Kesejahteraan Sosial),  masing-masing di Waingapu (Nusa Tenggara Timur), Pulau Solor (Nusa Tenggara Timur), Pulau Wetar (Maluku), Ambon (Maluku), Pulau Haruku (Maluku), Fakfak (Papua Barat) dan Makassar (Sulawesi Selatan). 
Serangkaian dengan kegiatan tersebut telah dilaksanakan  Rapat Safari Bhakti Kesetiakawanan Sosial (SBKS) tanggal 16 April 2013 pukul 10.00 s/d 12.30 WIB di Ruang Rapat Lantai I Kementerian Sosial RI, dipimpin lamngsung Direktur Kepahlawanan dan Keperintisan Sosial (K2KS), Andi Hanindito, diikuti 35 orang panitia yang telah ditunjuk. 
SBKS adalah salah satu rangkaian kegiatan Hari Kesetiakawanan Sosial  Nasional (HKSN) yang akan dipusatkan di Provinsi Sulawesi Selatan, selanjutnya diintegrasikan dengan berbagai program dan kegiatan lain. SBKS dibuat untuk suatu misi “penjangkauan” atau “outreach”oleh Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).  
Kegiatan SBKS dijadwalkan akan dilaksanakan, pada tanggal 4 s/d 28 Juni 2013,  menggunakan salah satu KRI milik Angkatan Laut Indonesia dengan jangkauan wilayah kabupaten tertinggal dan kawasan perbatasan sesuai usulan atau yang direkomendasikan bupati/walikota, antara lain Waingapu (Nusa Tenggara Timur), Pulau Solor (Nusa Tenggara Timur), Pulau Wetar (Maluku), Ambon (Maluku), Pulau Haruku (Maluku), Fakfak (Papua Barat) dan Makassar (Sulawesi Selatan). 
Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan pada setiap lokasi, diantaranya Bedah Kampung, Bantuan Sanitasi Lingkungan, Kelompok Usaha Bersama (Kube), Keserasian Sosial (KS), Kampung Siaga Bencana (KSB) dan kegiatan penyaluran bantuan lainnya.  
TAGANA sebagai relawan kemanusiaan penanggulangan bencana bidang bantuan sosial telah siap mensukseskan kegiatan Pelayaran Safari Bhakti Kesejahteraan Sosial  dengan mengerahkan TAGANA sesuai dengan kebutuhan dan sesuai ketentuan yang berlaku untuk mengikuti pelayaran sesuai kuota yang diminta dan operasional lapangan, mengerahkan peralatan penanggulangan bencana sesuai kebutuhan dan sesuai ketentuan yang berlaku.
Melaksanakan pembentukan KSB pada empat  titik lokasi kegiatan (masing-masing provinsi satu lokasi) dengan menggunakan anggaran yang ada pada dana dekonsentrasi, menambah fungsi Pusdalops (Pusat Pengendalian Operasi) Penanggulangan Bencana Kementerian Sosial sebagai pusat komunikasi melalui pesawat radio yang ada.
Untuk mendukung kegiatan SBKS serta kegiatan/dukungan lain sesuai kebutuhan dan kemampuan, kepada segenap anggota  TAGANA di seluruh tanah air, Panglima meminta untuk mensukseskan Safari Bhakti Kesejahteraan Sosial, lebih khusus TAGANA Provinsi Sulawesi Selatan yang akan menjadi lokasi Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2013 di Makassar, Salamaki
Salam takzim,


www. syakhruddin.com
SMS : 081 2424 5938 Pin BB 2A2 7F 722
Email :syakhruddin@gmail.com
Email : syakhruddin@yahoo.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>