Sebuah terobosan baru, telah dilakukan Kementerian Sosial R.I. ketika Hari Jum’at tanggal  19 April  2013,  melakukan penandatangannan kesepahaman antara Menteri Sosial R.I, DR. Salim Segaf Al Jufri, MA, dengan Kepala Pusat Statistik, Dr. Suryamin, M.Sc.
Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang  Penyediaan, Pemanfaatan dan Pengembangan Statistik, Kesejahteraan Sosil ini, bertujuan untuk meningkatkan komitmen, kerja sama, dan sinergi antara Kementerian Sosial RI dan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam rangka penyediaan, pemanfaatan, dan pengembangan statistik kesejahteraan sosial guna mendukung pembangunan kesejahteraan sosial.   
Ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi (1). Penyediaan data dan informasi melalui kegiatan perencanaan, pengumpulan, pengolahan, serta analisis dan penyajian data statistik di bidang kesejahteraan sosial (2). pemanfaatan data dan informasi statistik di bidang kesejahteraan sosial (3). Pengembangan sistem informasi statistik di bidang kesejahteraan sosial dan pengembangan sumber daya manusia di bidang statistik kesejahteraan sosial. 
Dengan kerjasama ini, ke depan data tentang PMKS akan mengacu pada hasil BPS (Biro Pusat Statistik), dengan demikian, Kementerian Sosial dalam melakukan intervensi sosial akan berpedoman dan mengacu pada BPS sebagaimana selama ini dilakukan, terutama melalui Program PKH (Program keluarga Harapan). 
Semua ini menunjukkan betapa pentingnya data PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) dalam pelayanan terhadap mereka yang memerlukan layanan sosial. Kepada Institusi Sosial di Kab/Kota se-Indonesia, akan terlihat dengan jelas, tentang peta PMKS yang pada gilirannya akan berkaitan dengan anggaran yang harus tersedia baik melalui APBD maupun APBN. 
Sementara itu Seksi Data dan Informasi pada masing-masing Dinas Sosial, akan memiliki data yang bersumber dari sebuah Badan yang memang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Selamat atas kemajuan ini, semoga Kemsos, makin sukses dalam menangani masalah PMKS di Indonesia, salamaki.
Salam takzim,
www. syakhruddin.com
SMS : 081 2424 5938 Pin BB 2A2 7F 722
Email :syakhruddin@gmail.com
Email : syakhruddin@yahoo.co.id

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>