Danjen Kopasus kembali akan menggelar Ekspedisi NKRI tahun 2013 Koridor Sulawesi. 

Kegiatan ketiga ini merupakan lanjutan dari Ekspedisi Bukit Barisan di Sumatera tahun 2011 dan Ekspedisi Khatulistiwa di Pulau Kalimantan Tahun 2012 lalu.

Acara sosialisasi Ekspedisi NKRI Koridor Sulawesi tahun 2013, dibuka dengan resmi oleh Menkokesra, Agung Laksono, didampingi Wagub, Ir.Agus Arifin Nu’mang, Pangdam VII/WB dan Danjen Kopasus, bertempat di Balai Prajurit Manunggal TNIRabu 13 Pebruari 2013.


Menkokesra Agung Laksono pada kesempatan tersebut mengatakan, ekspedisi NKRI tahun 2013 Koridor Sulawesi, terdapat peningkatan dari aspek kepesertaan, hal ini dengan dilibatkannya utusan Kementerian/Lembaga yang ada dalam koordinasi Kemenkokesra.

Sasaran kegiatan agar terdatanya segala potensi di hutan,gunung,rawa,laut,sungai dan pantai serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk melakukan reboisasi dan menjaga pelestarian hutan. 

Rangkaian kegiatan ini meluputi penjelajahan oleh para prajurit Kopasus, penelitian dari kalangan perguruan tinggi, komunikasi sosial dengan bersama warga masyarakat membangun infrastuktur, melakukan bakti sosial serta memberdayakan potensi lokal dan memperkuat ketahanan nasional.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung lima bulan diawali dengan pembekalan tgl 21 Pebruari 2013 dan pengakhiran kegiatan pada tanggal 15 Juli 2013, dengan sasaran meliputi, Kabupaten Pulau Sangihe dan Kabupaten Minahasa di Sulawesi Utara.

Kabupaten Bone Bolango di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Sigi dan Luwuk Banggai di Sulawesi Tengah, Kabupaten Mamuju di Sulawesi Barat, Kabupaten Tana Toraja dan Kabupaten Gowa di Provinsi Sulawesi Selatan serta Kabupaten Kolaka di Sulawesi Tenggara.

Khusus untuk Provinsi Sulawesi Selatan dipusatkan di Desa Batu Lapisi Kecamatan Tinggi Moncong Kabupaten Goowa  dengan jarak tempuh 150 Km dari Makassar ke Tinggi Moncong Malino dan Desa Mapangkah Kecamatan Getengan Kabupaten Tana Toraja yang dapat ditempuh selama sembilan jam dari Kota Makassar.

Sosialisasi ekspedisi NKRI tahun 2013 mendapat perhatian dari kalangan kampus di Makassar, organisasi sosial kemasyarakatan dan utusan dari berbagai instansi, termasuk Bapak Andi Hanindito dari Kementerian Sosial R.I. yang datang bersama staf.

Acara sosialisasi yang berlangsung semarak di Balai Prajurit TNI ditutup dengan resmi oleh Pangdam VII/WB dilanjutkan dengan santap siang bersama, Penulis yang hadir dapat acara sosialisasi menuliskan hasil liputannya, selamat membaca, salamaki.
   
salam takzim,



www.syakhruddin.com
SMS 081 2424 5938 Pin 2A2 2F 722
syakh01@tabloidbawakaraeng.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>