Perampingan Kementerian Lembaga

Pemerintah melalui kajian LAN (Lembaga Administrasi Negara) akan merampingkan Kementerian/Lembaga dari 34 unit menjadi 25 unit pada tahun 2014 mendatang.

Untuk tahun ini sedang dilakukan pemangkasan pejabat eselon I dari enam menjadi empat pejabat eselon I pada masing-masing K/L. 

Upaya di klaim mampu mengatasi tumpang tindih pekerjaan, menghabiskan anggaran APBN, dengan melakukan pemangkasan pejabat eselon I pada 15 K/L.

Adapun  yang masuk dalam program pilot project perampingan postur birokrasi Indonesia, antara lain sebagai berikut ;

  1. Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM)
  2. Kementerian Dalam negeri (Kemendagri)
  3. Badan Kepegawaian Negara (BKN)
  4. Lembaga Administrasi Negara (LAN)

Usulan perampingan ini, diyakini hampir pasti dan saat ini tengah berada di meja kerja Presiden, sebagai pucuk pemerintahan. Upaya dari perampingan ini merupakan hasil kajian yang dapat mengurangi kerugian Negara sekitar Rp 20 s/d Rp 40 trilyun. 
Bidang tugas yang dipangkas, karena tumpang tindih dalam pelayanan publik, sesungguhnya dapat diwujudkan bilamana semua pihak mampu bekerja dengan maksimal dalam memberikan layanan masyarakat.
Tahun 2014 pada pascakepemimpinan Presiden Sosilo Bambang Yudhoyono, dapat dipastikan adalah Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian dan tidak menutup kemungkinan terjadinya likuidasi antara Kementerian Sosial dengan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, karena keduanya berada dalam basis pelayanan yang hampir sejalan, salamaki

salam takzim,

HP.081 2424 5938

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *