Tim Reksi Cepat (TRC) Kementerian Sosial R.I. setelah mendapatkan informasi tentang musibah segera mengirimkan bantuan buffer stock ke gudang Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan melalui pengangkutan Galaxy Multi Dimensi yang beralamat di Gedung Wisma Bakti Mulya Lt.6 Jalan Kramat Raya No. 160 Jakarta Pusat 10430 Telepon/Fax 021-3144449
Adapun bantuan yang diterima berupa tenda logistik 1 (satu) unit, Tenda Pengungsi 25 unit, Velbed 40 buah, Tenda Gulung 2.000 lembar, Matras 500 buah dengan nilai bantuan sebesar Rp 875.910.000,-

Selain itu, kepala Subdit Pengelolaan logistik bencana, Tatang Kustiana juga telah mengirimkan beras 20 ton untuk segera disalurkan kepada korban bencana termasuk mereka yang sudah seminggu tidak melaut karena faktor ombak yang tinggi dan cuaca yang sangat ekstrim.
Sementara itu, Kadis Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Ir.H.Suwandi Mahendra,M.Si telah menyalurkan bantuan sosial dan logistik dengan nilai seluruhnya Rp 1.478.176.730,00 serta dukungan Pemprov. Sulsel melalui dana kontijensi sebesar Rp 470.000.000,- yang digunakan langsung untuk pemenuhan kebutuhan korban bencana.

Saat ini tercatat 18 kab/kota yang terkena dampak bencana, mulai banjir,puting beliung,longsor dan abrasi dengan jumlah KK kurang lebih 35.000 dan jiwa 157.000 jiwa yang mengalami penderitaan, data tersebut terus berkembang seiring dengan datangnya angin kencang yang melanda beberapa kabupaten/kota pada tanggal 10 Januari 2013.

Adapun kondisi korban saat ini sudah tercatat 21 orang termasuk di dalamnya korban perahu jolloro di Kabupaten Takalar yang ketika menyeberang laut dari Takalar ke Tanakeke di tengah laut disapu angin kencang dan ombak mengakibatkan perahu terbalik.

Dua orang dapat menyelamatkan diri dengan menyelam dibantu dengan gabus perahu yang terapung, sementara dua lainnya menemui ajalnya di tengah ganasnya ombak Tanakeke dan seorang lainnya hilang dan kini masih dalam pencarian Tim SAR dan Tagana setempat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>