Menyambut tahun baru 1 Januari 2013, Penulis sengaja merayakannya di Puncak Gunung Datara, sebuah kawasan perbukitan yang terletak di Dusun Datara Desa Mangempang Kecamatan Bungaya, terletak sekitar 700 meter diatas permukaan air.

Dipilihnya Datara sebagai lokasi penyambutan 1 Januari 2013, dimaksudkan untuk membenahi “Refiter (siaran pancar ulang) radio komunikasi milik Tagana Sulawesi Selatan. Mereka yang berangkat terdiri  tiga buah mobil dan 4 buah sepeda motor dengan mengikutsertakan anggota keluarga.

Masing-masing Keluarga Daniyal Opo, Keluarga Syamsuddin Irwan dan Keluarga Rakhmat serta Keluarga Paharuddin alias Geger yang ditunjang dengan personil terlatih Tagana Sulsel. Perjalanan dilakukan pada Hari Senin 31 Desember 2012 Pukul 15.00 Wita usia menerima tali asih Tagana.

Selanjutnya menelusuri jalan ke perbukitan Dataran melalui jalur tengah, yaitu dari Makassar, Sultan Alauddin belok kiri ke Kantor Bupati Gowa, hingga kawasan Pekuburan Datuk Ri Panggentungan dan tembus di Kampus baru Universitas Hasanuddin (Eks Pabrik Kertas Gowa).

Setelah melalui perjuangan yang panjang dan melelahkan, akhirnya tiba di Datara Pukul 19.00 Wita, disana sudah lebih dahulu Bapak Daniayal Opo beserta isteri dan anak-anaknya menggunakan kendaraan kijang tua yang kami beri nama “Renjer Lanjut Usia” atau Renjer Lusia.

Usai santap malam bersama anggota rombongan, masyarakat Desa Mangempang yang bermukim di kawasan Datara,  mengunjungi kami di sekitar  refiter berada. Kami mengajak mereka membakar ikan bersama-sama, lalu bersantap malam, selanjutnya menggoreng ubi kayu yang banyak terdapat disana,

Belum puas dengan suguhan pertama. Ibu Kepala Dusun menyiapkan pisang goreng, sembari nonton bareng  melalui layar lebar dengan operator Sdr. Hasran Rate dan Nurtang Gassing. Menjelang Pukul 00.00 wita, kami menghentikan kegiatan nonton bareng, lalu mengarahkan perhatian ke Kota Makassar dari ketinggian di Gunung Datara.

Suasana kerlap-kerlip kota, membuat suasana penggantian tahun baru begitu fenomenal, beberapa rekan kami, juga membakar mercon yang sudah disiapkan sejak dari Makassar ke Datara. Warga setempat berteriak-teriak kegirangan, menyaksikan warna-warni yang menghiasi kawasan pegunungan Datara Desa Mangempang Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa.



Keesokan harinya kami kembali setelah sarapan pagi, dalam perjalanan pulang mobil Renjer Lusia, mengalami kerusakan  pada bagian stir. Mobil Renjer Tua itu, tidak bisa berbelok ke kanan, mobil kedua yang melihat kondisi kurang menguntungkan, segera bergerak mundur untuk membantu. 

Ternyata disaat mundur itulah, ban sebelah kanan masuk ke saluran air dengan posisi miring, akhirnya keduanya harus melalui penanganan anggota TRC (Tim Reaksi Cepat) Tagana. Mobil Renjer 01 Tagana, segera mundur lalu memasang tali di chasis kendaraan kedua, kemudian menarik hingga ke posisi rata.

Selanjutnya perbaikan mobil ketiga yang dikemudikan Bapak Daniyal opo, ternyata setelah diperiksa, bekas las untuk power stering sudah copot dari tempatnya, sehingga untuk memutar stir kekiri mengalami kesulitan.


Segera dilakukan perbaikan, ada yang memasang dongkrak, sebagian lain mencari kawat pengikat. Alhamdulillah, tidak jauh dari tempat kami mengalami kerusakan, ada kebun rakyat yang baru saja dipasangi kawat berduri.


Rekan Tagana yang melakukan pengecekan, menemukan kerusakan pada bagian stir. Sebagai ahli perbengkelan, segera memotong kawat lalu membuang duri-duri yang terikat di kawat, kemudian melilitkan pada chasis dan power stering.

Akhirnya kendaraan tersebut dapat digunakan turun gunung, apalagi saat itu dalam suasana hujan lebat dan  alam pegunungan dibalut dengan kabut tebal.

Berikut ini dokumentasi kegiatan di Pegunungan Datara Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa di hari pertama 1 Januari 2013.

   

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>