Di penghujung tahun 2012, Kabupaten Soppeng melaksanakan Pelatihan TAGANA (Taruna Siaga Bencana) diikuti 25 peserta yang direkrut dari kecamatan se-Kabupaten Soppeng.


Potensi besar yang dimiliki Soppeng selama ini, seakan kurang dikembangkan karena beberapa faktor, adanya mutasi dikalangan pimpinan, pelaksanaan Pilkada dan personil yang bergerak dibidang kebencanaan memang dirasakan amat terbatas.

Oleh sebab itu, melalui kebijakan dari Ir. Yuliani,M.Si selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Soppeng, melaksanakan pelatihan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) berbasis anggaran belanja daerah, tentunya output yang diharapkan, terciptanya tenaga atau relawan sosial yang mampu bergerak taktis disaat bencana terjadi, bersama-sama dengan komponen dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) setempat yang sampai saat ini belum terbentuk di Kabupaten Soppeng.

Untuk itu, dalam penanganan kebencanaan dikenal tiga hal yang menjadi perhatian utama, sebelum bencana, saat bencana dan pascabencana. Sebagaimana upaya dari kesiapsiagaan ini, terutama di bidang shelter dan DUMLAP (Dapur Umum Lapangan), maka pihak Kementerian Sosial R.I. melalui Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial DR.H.A.Zainal A.Dulung,M.Sc menyerahkan kendaraan operasiaonal, berupa RTU (Resque Tactical Unit) dan Truk untuk angkutan personil dan logistic ke lokasi bencana.

Bila kita kembali menyimak perjalanan sejarah, maka sesungguhnya Kabupaten Soppeng tidak pernah sepi dari kejuaraan di bidang kesejahteraan sosial, dahulu semasa Kandep Sosial di pimpin oleh Drs.H.Fahruddin Daeng Ngerang dari Takalar, Kabupaten Soppeng meraih beberap gelar kejuruaan.

Diantaranya, sebagai juara pertama tingkat nasional PSM (Pekerja Sosial Masyarakat) menyusul sebagai Karang Taruna terbaik, akan tetapi beberapa tahun terakhir, terutama di era otonomi daerah, kabupaten yang berjuluk Kota Kalong seakan tenggelam dalam hiruk pikuk kejuaraan.

Alhamdulillah di penghujung tahun 2012, masih ada asa yang bisa dikembangkan melalui Pelatihan Tagana berbasis APBD, sehingga tepatlah bila Kadis Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Ir.H.Suwandi Mahendra,M.Si yang juga tercatat sebagai bakal calon Bupati Kabupaten Enrekang Periode 2013-2018 menghadiri acara pembukaan pelatihan yang akan berlangsung di Kawasan Wisata Ompo Kabupaten Soppeng, akan tetapi pada saat yang bersamaan sedang berlangsung penyerahan DIPA Tahun 2013 di Kantor Gubernur Sulsel sehingga mengamanatkan kepada Kabid Banjamsos untuk mewakilinya.

Bupati Soppeng Andi Sutomo menyambut baik kegiatan yang digagas Kadis Sosial Soppeng, Ir.Yuliani,M.Si dan mengharapkan agar Tagana terus berlatih karena saat ini, Bakti Tagana dinantikan para korban bencana, tutur Bupati Andi Sutomo yang sudah dua periode memimpin kabupaten yang berjuluk Kota Kalong.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>