Tahun Baru Islam

syakhruddin
Read Time1 Minute, 24 Second

Hari ini, Kamis 15 November 2012 merupakan hari pertama tahun baru hijriah, bertepatan dengan 1 Muharram 1434 H. Karena perhitungannya dengan menggunakan bulan, maka sejak Rabu malam 14 November 2012 Pukul 19.00 Wita, kaum muslimin dan muslimat memasuki penanggalan baru 1 Muharram 1434 H.


Gema takbir dan tahmid akan kebesarannya senantiasa dikumandangkan oleh umat Muhammad SAW. semoga di tahun ini, menjadi momentum untuk lebih meningkatkan lagi ketaqwaan kepada Allah SWT.

Bersamaan dengan itu, Salah seorang Staf dari Seksi Pemulihan Sosial yang dipimpin oleh Abd. Rahman Saleh,SH. melaksanakan akad nikah dengan pilihan hatinya. Rahman Saleh memang cukup lama menduda dan akhirnya memutuskan untuk mempersunting kekasihnya yang juga merupakan pegawai dari Dinas Sosial,Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Gowa di Sungguminasa.

Prosesi pernikahan sekaligus resepsinya akan berlangsung di Baruga Pertanahan Pettarani Jalan A.P.Pettarani Kota Makassar. Kadis Sosial dan Kabid Banjamsos beserta jajaran Tagana Sulawesi Selatan mengucapkan selamat berbahagia semoga menjadi keluarga sakinah, mawahdah dan warahmah.

Umar Bin Khattab yang menetapkan penanggalan Islam dalam musyawarah, setelah mengajak para sahabat untuk dijadikan kalender Islam dan merupakan memontum penting sebagai awal tahun.

Apakah saat Kelahiran Rasul, diangkatnya Muhammad SAW menjadi Rasul, Wafatnya Rasul atau Hijrahnya Rasul dari Mekah ke Madinah. Akhirnya mereka sepakat bahwa kalender Islam, dimulai saat hijrah Nabi dari Mekah ke Madinah sekaligus pembeda antara antara yang haq dan yang batil.

Dengan demikian, memperingati tahun baru hijriah bukanlah seperti umumnya peringatan tahun baru Masehi dengan ritual kembang apinya yang kurang komtemplait.

Memperingati Tahun Baru Hijriah juga berarti kilas balik sejarah dan memahami serta menerapkan filosofi hijrah sebagai sebuah titik tolak pembebasan umat manusia dari kebodohan menuju pencerdasan akal dan hati.

Salamaki Pada Salama….!!! Selamat Tahun baru 1 Muharram 1434 H 

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ngopi bareng di Clarion

Kehadiran tim dari Kemsos di Kota Makassar dalam rangkaian monitoring pembangunan gudang di Salodong Kota Makassar sempat bersantai sejenak di Clarion Hotel Makassar, Rabu petang 14 November 2012. Di Hotel megah ini, hadir Sdr. Iyan Kusmadiana dari Kemsos, Bapak Jamras dari Tarkim dan penulis membahas tentang kemajuan pekerjaan yang telah dicapai untuk pembangunan gudang logistik di Kota Makassar. Seperti diketahui […]