SEBUAH NILAI


Kriiing …. Kriiiing….Handphone Merk Galaxy Note II segera ku angkat, lama ku tatap siapa nama pengirimnya, wow ternyata ada seseorang yang melaporkan tentang hasil ujian sekolah, setelah memperoleh nilai tertinggi di kelasnya.
Sejurus kemudian, saya merenung, betapa perjuangan yang telah dilakukan untuk mencapai nilai tertinggi, pengorbanan untuk tidak melewatkan setiap kesempatan belajar dan belajar,  hingga akhirnya mencapai predikat juara.
Tidak semua orang yang belajar mampu meraih prestasi yang tinggi, semua itu saling terkait, antara fasilitas, kesempatan, kesehatan dan dukungan orang-orang terkasih.
Perjuangan di tengah kompetisi dalam proses pembelajaran yang ketat, tanpa di tunjang kesehatan yang prima dan perhatian dari orang yang kita cintai, maka semangat belajar, bisa merosot dan akhirnya tidak dapat mempertahankan prestasi yang sudah di raih sebelumnya.
Memang benar, kata orang bijak, mengejar ketinggalan itu gampang, tetapi mempertahankan apa prestasi yang sudah di raih itu memang agak sulit. Karena itu, kehadiran orang yang kita cinta akan terus memacu semangat juang untuk tetap berada di puncak dan terus mengibarkan semangat belajar, semangat berkompetisi, dan tentu semua itu, karena kita tetap memiliki “semangat Pagi” seperti yang menjadi slogan dari Tagana Indonesia.
Lain halnya dengan kehadiran seorang yang berkunjung kotaku, Kota Anging Mamiri di Jazirah Sulawesi Selatan, membawa sebuah bingkisan berupa sajadah batik, tentunya bila dilihat dari sudut pandang nilai, tentunya tidak seberapa, akan tetapi hakekat yang terkandung di dalamnya, sungguh luar biasa.
Sebuah sarana penunjang dalam menunaikan ibadah sholat pada lima waktu, tempat dimana segala keluh-kesah dan permohonan disampaikan kepada Sang Maha Pengatur. Ada pula, sahabat yang sedang tugas belajar di Wina yang memperdalam bidang Antropologi Kesehatan, demikian halnya dengan sahabatku yang Dosen dan sedang melanjutkan pendidikan di Chicago Amerika Serikat.
Mereka adalah orang-orang terbaik yang selalu berfikiran maju, betapa dengan hanya selembar kiriman naskah di blog yang membakar semangat, begitu berarti spirit itu, untuk terus belajar dan larut dalam jurnal-jurnal penelitian yang membutuhkan ketekunan tingkat tinggi.
Berbahagialah mereka yang sedang berada di dunia pendidikan dan masih memiliki orang-orang terkasih yang senantiasa memberikan dorongan dan perhatian untuk sebuah perjuangan. Di saat kita mencapai hasil yang maksimal, barulah terasa, betapa berartinya sebuah NILAI KASIH SAYANG dari seseorang untuk meraih hasil yang terbaik.
Makassar, 23 Oktober 2012
Kupersembahkan kepada orang-orang terkasih
Yang tengah menuntut ilmu pengetahuan
Di Bandung,Wina dan Chicago Amerika Serikat

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.