Pasang surut kehidupan manusia memang tak selamanya mulus, sebagaimana yang dialami para anggota transmigran yang berasal dari Sukabumi Jawa Barat yang enam tahun lalu di tempatkan  di Dusun TALIABU BARAT Desa Ratahaya Provinsi Maluku Utara
Setelah enam tahun berjuang memperbaiki kehidupan, tidak bisa bertahan lama karena lahan yang dijanjikan, semula untuk kegiatan kelapa sawit ternyata harus memulai kehidupan di balik hutan dan semak belukar yang masih perawan, belum adanya akses jalan dan seringnya terjadi konflik sosial, semua itu membuat warga Sukabumi Jawa Barat tak betah lagi tinggal di perantauan.

Adalah Sumitro yang aslinya dari Jawa Timur yang memimpin rombongan bersama 8 Kepala Keluarga (KK) dengan rincian 18 orang dewasa, 9 anak-anak dan 5 balita atau total 32 jiwa, tiba di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan pada hari Kamis, 26 September 2012 dan keesokan harinya Jumat 25 September 2012 diberangkatkan menuju Surabaya melalui KM. Tidar.
Selama di Makassar di tampung di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan A.P.Pettarani No. 59 Makassar,  diberikan makan-minum secara cuma-cuma selanjutnya disiapkan tiket pulang, setelah tiketnya tiba di tangan mereka diantar menuju Pelabuhan Soekrno Hatta dengan tujuan Surabaya.
Berikut ini foto foto dokumentasi :

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>