Terkadang dalam suatu Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) tiba-tiba saja Panitia Pelaksana langsung menunjuk Anda sebagai pembaca doa, kesempatan itu jangan pernah sia-siakan, karena itu Panitia sudah mempercayakan kepada Anda sebagai seorang pembaca doa yang akan memandu dan menyempurnakan jalan suatu acara.
Berikut ini contoh DOA PEMBUKAAN DAN PENUTUPAN dalam setiap pelatihan ;
Assalamu’alaikum Wr Wb.
Salam Sejahtera bagi kita semua.
Hadirin yang berbahagia, marilah kita berdo’a dengan khusyu’, menurut  agama kita masing-masing.
Dan Izinkan, saya akan memandunya sesuai dengan tuntunan Agama Islam
Bismillahir Rakhmanir Rakhim….. Alhamdulillahi Laji….. Hadana lihaja …………. Dan seterusnya
————————–  teks   Arab  ————————–
Ya Allah, Ya Tuhan Kami,
Saat ini, kami berkumpul, dalam rangkaian Acara Pembukaan Pelatihan ………………(sebutkan jenis pelatihannya dengan lengkap) yang diselenggarakan oleh …………………………..(sebutkan nama penyelenggara).  Kami mohon, kiranya acara ini berada dalam ridha-Mu.
Ya Allah, Yang Maha Mengetahui.
Ilmu-Mu, betapa luas dan tak terbatas. Oleh karena itu, Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami, ILMU yang bermanfaat, sebagai bekal kami dalam menjalani kehidupan, menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat.
Limpahkanlah kepada kami yang hadir di majelis ini, kesehatan, kekuatan dan kesabaran,  kemudahan dan keikhlasan, serta kecerdasan dan kearifan, dalam mengikuti pelatihan ini.
Ya Rabb …. Yang Maha Pengasih dan Pilih kasih.
Satukanlah hati kami,  padukanlah langkah kami, serta kobarkanlah semangat perjuangan  kami, dalam mencapai keberhasilan dan tujuan pelatihan ini, apungkan pengetahuan dan segarkan pemahaman kami agar dapat memetik hikmah yang terkandung di dalamnya.
Ya Rabb … Sang Penguasa Aras.
Hanya kepada-MU-lah, kami berbakti.  Dan hanya kepada-MU-lah, kami mohon pertolongan. Kabulkanlah do’a dan pinta hamba,  Engkau Maha Mendengar lagi  Maha Pengampun, Ampunilah dosa dan kesalahan ayahbunda kami, kesalahan para pemimpin dan pendahulu kami dan hanya kepada-Mu-lah kami akan kembali,
Rabbanalah – Atina – Fidduniya khasanatan wal akhirati khasanatan – waqina azzambannar, dstnya Walhamdulillahi Rabbil Alamin – Assalamu Alaikum war.wab.
 


DOA PENUTUPAN

Salam Sejahtera bagi kita semua.
Hadirin yang berbahagia, marilah kita berdo’a dengan khusyu’, menurut  agama kita masing-masing.
Dan Izinkan, saya akan memandunya secara Islam
Bismillahir Rakhmanir Rakhim….. Alhamdulillai Laji….. Hadana lihaja …………. Dan seterusnya
————————–  teks   Arab  ————————–
Ya Allah,
Kami bersyukur atas segala anugerah, yang selalu Engkau limpahkan kepada kami. Nikmat-Mu, yang telah Engkau berikan kepada kami, begitu banyak dan melimpah, sehingga kami tak sanggup untuk mengingat dan menghitungnya.
Ya Allah,
Baru saja, kami selesai melaksanakan kegiatan Pelatihan (sebutkan nama pelatihannya).  Kami mohon, ya Allah, kiranya ilmu yang baru saja kami peroleh, menjadi ILMU yang BERMANFAAT, untuk kelancaran pelaksanaan tugas  dan bakti serta ibadah kami kepada-MU.
Ya Rabb …. Yang Maha Memiliki
Berilah kami kekuatan, untuk mampu mengamalkan ILMU yang telah Engkau anugerahkan kepada kami semua, berilah pula kami kekuatan, untuk dapat menyebarluaskannya, kepada kawan dan keluarga kami, serta kepada masyarakat dan bangsa kami.
Kami yakin, hanya dengan ILMU yang benar dan IMAN yang kuat, kami semua akan mendapatkan keluhuran derajat di sisi-MU, sebagaimana yang telah Engkau janjikan.
a Rabb …. Yang Maha Mengetahui 
Tunjukkanlah kepada kami, yang benar itu benar, dan berilah kami kekuatan, untuk dapat melaksanakannya Serta, tunjukkan pula kepada kami, yang bathil itu bathil, dan berilah kami kekuatan, untuk dapat menghindarinya.
Ya Allah, jadikanlah pertemuan di antara kami ini, pertemuan yang dipenuhi dengan rahmah. Serta jadikan pula perpisahan di antara kami, perpisahan yang  dipenuhi dengan berkah, selamatkan kami dalam perjalanan pulang untuk menemui orang-orang yang kami cintai – dan jangan lagi goyahkan iman kami setelah mendapat petunjuk dari-Mu
Rabbanalah – Atina – Fidduniya khasanatan wal akhirati khasanatan – waqina azzambannar, dstnya Walhamdulillahi Rabbil Alamin
Assalamu Alaikum war.wab.
Doa tersebut diatas dapat dikembangkan sesuai dengan KONTEKS YANG AKTUAL.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>