Provinsi Sulawesi Selatan kembali dipercayakan sebagai tempat pelaksanaan Kemah Bhakti TAGANA yang direncanakan berlangsung tanggal 19 s/d 21 Mei 2012 bertempat di Benteng Somba Opu Makassar. Kegiatan Kemah Bhakti ini di ikuti 22 Provinsi Kawasan Timur dan Tengah dan 11 provinsi sebagai peninjau karena telah lebih dahulu mengikuti Bhakti Sosial TAGANA di Medan Sumatera Utara.

Serangkaian dengan persiapan pelaksanaan kegiatan, Tim Kementerian Sosial R.I terdiri dari Bapak Tatang, Victor Siahaan, Iyan Kusmadiana dan Adox mengadakan peninjauan lapangan di Benteng Somba Opu Makassar yang merupakan salah satu Kawasan Cagar Budaya Sulawesi Selatan. Lima Baruga yang akan menjadi lokasi tempat menginap peserta dan sejumlah kemah atau tenda yang akan dipersiapkan untuk para peserta, Panitia Lokal dan Tim Reaksi Cepat (TRC) Tagana Sulsel dibawah koordinasi A.Rahman Saleh segera menyusun program kerja bersama tim kreatif TAGANA.
Untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan, Rabu (11/4)  dilaksanakan pertemuan di ruang rapat Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, menetapkan kerangka awal kegiatan Bhakti Sosial diantaranya, Penyuluhan Sosial TAGANA di Kabupaten Gowa, Pengabdian Masyarakat di Kota Makassar dan Kabupaten Takalar serta Upacara Puncak di Lapangan Karebosi Makassar.

Berbagai persiapan untuk mendukung dan mensukseskan kegiatan ini, paling utama adalah memfungsikan kembali Repiter TAGANA di Puncak Pegunungan Datara Kabupaten Gowa yang beberapa waktu lalu mengalami kerusakan berat karena di sambar petir sehingga semua komponen rusak total. Tim Komunikasi TAGANA dibawah koordinasi Nurtang Gassing telah membenahi perangkat tersebut dan hari ini bertolak ke Datara untuk memperbaiki bersama Tagana Hasran Rate.

Langkah berikutnya,  Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah, akan melakukan pertemuan awal dengan melibatkan berbagai unsur seperti Kodam VII/WB, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Pimpinan UPTD Benteng Somba Opu, Dinas Sosial Kota Makassar, Gowa dan Takalar, PMI, SAR, FKPPI, Karang Taruna, PSM, Kepolisian dan unsur terkait termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan, Infokom Prov. Sulsel, Korps Musik Kodam VII/WB dan Duta TAGANA Indonesia termasuk hiburan untuk para anggota TAGANA se-Indonesia bekerja sama dengan salah satu televisi swasta Indonesia.
Agenda acara selama berlangsungnya kegiatan mulai penerimaan peserta, pembagian kelompok, senam kesegaran jasmani, pengabdian masyarakat pada lokasi eks bencana alam serta acara puncak di Lapangan Karebosi Makassar. Kepala Dinas Sosial Ir.H.Suwandi,M.Si menyambut baik atas ditunjuknya Provinsi Sulawesi Selatan dan selanjutnya akan melaporkan kepada Gubernur Sulawesi Selatan dan sekaligus akan ditetapkan DR.H.Syahrul Yasin Limpo,SH,M.Si,MH sebagai Pembina utama TAGANA di Provinsi Sulawesi Selatan.
  1. Karang Taruna Kel.Tello Baru,Makassar says:

    Kepada Panitia pelaksanaan KEMAH BHAKTI TAGANA Tolong dengan Sangat aktifkan Karang taruna kelurahan Dalam acara tersebut…
    Trima Kasih

    By.Karang taruna Kel. Tello Baru, Kota Makassar

  2. Bayu Ambon says:

    info yang bagus nih om trima kasih atas posting beritanya.. saya juga baru tau kalo nanti mau ada kegiatan kemah bakti di SUL SEL TAGANA seindonesia Timur,,, insya allah kalo ada kesempatan saya ingin bisa ikut ambil bagian pada kegiatan tersebut..
    salam hormat dari MALUKU
    Are You Readyy!!!!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>