Mensos Buka Rakornas PKH DI Clarion Hotel Makassar


Menteri Sosial R.I. DR. Salim Seggaf Al-Jufri, MA Selasa, 10 April 2012 membuka RAKORNAS-PKH (Rapat Koordinasi Nasional-Program Keluarga Harapan) Wilayah Timur diikuti 300 peserta utusan 13 provinsi, 8 provinsi merupakan lokasi lama PKH yaitu Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi  Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara, sementara 5 provinsi merupakan lokasi pengembangan meliputi Provinsi Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua dan Papua Barat.
Muhammad Aswad dari PKH Pusat tiba di Makassar hari ini langsung melakukan persiapan awal dengan panitia lokal yang beranggotakan 5 (lima) orang diketuai Sekretaris Dinas, Drs. M.Ridwan Lebu di dukung 20 orang TAGANA sebagai pasukan supporting (pendukung) yang berseragam lengkap dan 30 orang pendamping PKH dengan rincian 20 orang dari Kota Makassar dan 10 orang dari Kabupaten Gowa.
RAKORNAS PKH Wilayah Timur yang dipusatkan di Hotel Clarion Makassar ini adalah yang kedua kalinya, direncanakan dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan dengan tema kegiatan, “Melalui Inventarisasi Program  dan Basis Data Terpadu Kita Tingkatkan Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Pusat dan Daerah”.
Ada 12 Narasumber hadir pada kesempatan tersebut masing-masing, Pertama, Dirjen Perlindungan & Jaminan Sosial Kementerian Sosial R.I. Bapak Dr.Andi Zainal A.Dulung,M.Cont M.gt,M.Sc Kedua, Deputi Kemiskinan,Ketenagakerjaan dan UKM/Direktur Perlindungan & Kesejahteraan Masyarakat (Bappenas) dengan tema Permasalahan dan Prospek PKH Berdasarkan Basis Data Terpadu, Ketiga Sekretaris Eksekutif (TNP2K) dengan topik bahasan Kebijakan TNP2K Dalam mengkoortdinasikan Kompelentaritas Pelaksana PKH melalui Basuis Data terpadu, Keempat Deputi Statistik Sosial (BPS) tentang Data PPLS 2011 dan PKH 2012.
Narasumber ke-5, Social Economist World Bank tentang Perbandingan Pelaksanaan Conditional Cash Transfer (CCT) di Berbagai Negara, ke-6 Dirjen Pendidikan Dasar (Kemendikbud)  dengan topik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Sinergitas Implementasi Bantuan Siswa Miskin dengan Program Keluarga Harapan Berbasis Data terpadu, Narsum ke-7, Dirjen Bina Gizi dan KIA (Kemenkes) kebijakan Kementerian Kesehatan dalam Sinergitas Bantuan Siswa Miskin dengan Program Keluarga Harapan Berbasis Data Terpadu, Ke-8 Dirjen Pendidikan Islam (Kemenag) tentang Kebijakan Kementerian AgamaDalam Sinergitas Implementasi Bantuan Sisdwa Miskin dengan Program Keluarga Harapan Berbasis Data Terpadu.
Ke-9 Deputi Menkokesra Bidang Penanggulangan Kemiskinan  dengan materi Sinergitas PKH Dengan Program Penanggulangan Kemiskinan Antar Klaster, Ke-10 Direktur Jaminan Sosial, Pelaksanaan PKH Tahun 2012 dan Rencana Perluasan PKH Tahun 2013, Ke-11 Dirjen Adminduk (Kemendagri), Evaluasi Kepemilikan Kartu identitas dan Akte Kelahiran Peserta PKH, Ke-12 Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan (Kemenakertrans), Sinergitas Program Pengurangan Pekerja Anak Yang Mendukung PKH, Ke-13 Direktur Kemitraan Komunikasi (Kominfo) tentang Evaluasi Sosialisasi PKH 2007-2011 dan Rencana Sosialisasi PKH Ke depan.
Penulis yang mendapatkan informasi langsung dari Pak Aswad PKH Pusat menuturkan bahwa peserta akan dibagi dalam empat kelompok pembahasan, meliputi ; kelompok I membahas tentang Kelembagaan, Kelompok II membahas masalah Pendidikan, kelompok III tentang Kesehatan dan Kelompok IV akan membahas mengenai Persiapan & pelaksanaan PKH pada lokasi baru.
Terkait dengan kelancaraan pelaksanaan tugas maka telah disiapkan acara penyambutan Menteri Sosial berupa “Tari Tunrungpakanjara” bekerja sama dengan Andi Hasnul dari UPTD. Benteng Somba Opu Makassar serta  koordinasi dengan protokol provinsi, Krisna Anwar yang turut hadir dalam pertemuan, berlangsung di lantai dasar Grand Palace Hotel Jalan Tentara Pelajar di Makassar.
Adapun rangkaian acara yang telah disusun, masing-masing ; Tarian Selamat Datang, Lagu Indonesia Raya, Doa bersama, Sinopsis dan Pemutaran Film Dokumenter Tentang “Kemiskinan”, Penayanan Website PKH, Vidio Conference Menteri Sosial R.I. dengan Sekretariat UPPKH Kabupaten/Kota atas dukungan PT.Telkom, Sambutan Gubernur Sulawesi Selatan, Pengarahan sekaligus Pembukaan oleh Menteri Sosial R.I., Penganugerahan PKH Award, tukar menukar cendramata dari Menteri Sosial R.I. kepada Gubernur dan sebaliknya), pada sesi terakhir Menteri Sosial melakukan dialog langsung dengan para Bupati/Walikota yang mengalami musibah angin puting beliung beberapa waktu lalu.

syakhruddin

Syakhruddin seorang pekerja sosial (Social Worker Generalis) yang mengabdikan diri untuk kesejahteraan masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.