Sabtu 7 April 2012 merupakan hari yang paling bersejarah dalam kehidupan anak kemenakan saya, Resky Afdalia Anas, S.Farm, A.Pt binti Drs.H.Anas Malik,SH,MH (Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Barru) dengan kekasihnya Muh. Nur Fadly Azhar,S.Farm bin Muhammad Ashar, S.Pd




Prosesi adat dimulai pada acara malam KORONTIGI (malam pacar) pada hari Jumat, 6 April 2012 Pukul 20.00 Wita di rumah kediaman calon pengantin perempuan terletak di Kompleks Perumahan Pelita Asri Blok I No. 3 Pallangga Kabupaten Gowa menghadirkan penceramah kondang, Ustas Muhammad Hasbi.


Sementara untuk proses ijab kabul pernikahan berlangsung di Masjid IMMIM Jalan Dr. Sam Ratulangi Makassar dengan tertib acara, diawali pembukan oleh protokol, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Dra.Hj. Jusma Kamaruddin dilanjutkan dengan penyerahan mahar, uang belanja dan erang-erang dari pihak calon mempelai pria yang diterima oleh Hj.Baitsah Daeng Kanang (Nenek dari kiki), menyusul acara pemeriksaan surat-surat dan penandatanganan administrasi nikah dengan saksi dari kedua belah pihak, khusus untuk pihak keluarga perempuan diwakili Drs.H.Abd.Azis Syamsu Daeng Bali.

Acara yang paling sakral diawali saat orang tua Resky yang akrab disapa Kiki memberikan khotbah nikah dilanjutkan dengan prosesi ijab kabul. Setelah beristiqfar dan berdiam diri sejenak maka ayahanda Kiki, Bapak Drs.H.Anas Malik,SH.MH menikahkan putrinya dan calon menantu Muh. Nur Fadly Ashar yang akrab dipanggil Fadly, menirukan ucapan orang tua Kiky dengan kalimat yang lantang disaksikan keluarga dari kedua belah pihak.




Di penghujung acara dibacakan Doa Nikah oleh Imam Desa Jenetallasa Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa, Bapak Amran Abbas, S.Pd.I serta penyerahan dua buah buku nikah yang berwarna coklat dan biru.

Usai prosesi ijab kabul diteruskan dengan kegiatan “Appabattu nikah” dimana pihak pengantin baru menemui isteri di kamar utama yang letaknya di bagian kanan dari Masjid Immim.

Disini berlangsung juga ritual adat, kedua belah pihak dipertemukan, dipandu oleh Hj.Baitsah Daeng Kanang kemudian Ananda Fadly memasukkan cincin ke jari manis isterinya demikian pula kiki memasukkan cincin pengantin ke ibu jari suaminya,
Sejurus kemudian kedua anak cucu Adam berlomba untuk berdiri pertanda bahwa keduanya akan saling bangkit membangun mahligai rumah tangga dengan nuansa sakinah mawahdah waramah.

Setelah acara ritual di kamar berakhir, keduanya berjalan beriring untuk melakukan sungkeman di keharibaan orang tua masing-masing, Ayah Kiky, Drs.H.Anas Malik,SH,MH dan Ibu St.Nuraeni Daeng Ni’ni berikutnya kepada Bapak Nur Fadly Ashar, S.Pd dan Ibunda tercinta Hj.Jasiah,S.Pd,M.Si


Setelah seluiruh acara acara yang berjalan lancer, para pengantar dan pihak keluarga menuju ke ruang resepsi di lantai dasar di sambut tari dari sanggar tari Universitas Muhammadiyah Makassar.

Resky Afdalia Anas,S.Farm,A.Pt yang yang sering di sapa dengan nama Kiky berpacaran Nur Fadly Ashar di Kampus UIN (Universitas Islam Negeri) selama dua tahun.

Fadly adalah anak kedua dari pasangan Bapak Muhammad Ashar dan Ibu Hj.Jasiah,  merupakan putra asli dari Tanete Kabupaten Bulukumba. Sementara Kiky yang berdarah Makassar-Takalar memulai jenjang pendidikannya dari SD Negeri Mamajang di Kota Makassar, kemudian SMP Negeri II lalu lanjut ke SMA Negeri 17 Makassar, kuliah jurusan Farmasi pada Universitas Islam Negeri (UIN) Negeri Makassar yang dahulu dikenal dengan sebutan IAIN Makassar, melanjutkan pendidikan S.II pada Universitas Ahmad Dahlan di Yogyakarta dan berhasil meraih gelar sebagai seorang apoteker.


Sementara suaminya berpredikat sarjana farmasi bekerja pada sebuah perusahaan ternama di Makassar, Arsoxindo Farma Makassar. Rangkaian acara demi acara yang berlangsung mulus,  semua anggota keluarga dan sanak family dari Kedua mempelai Kiki dan Fadly menuju ke tempat  acara resepsi untuk bersantap siang.

Mengingat acara pesta yang berlangsung semarak ini, memiliki kelebihan makanan maka diundanglah anggota-anggota Tagana berposko pada Dinas Sosial Provinsi  Sulawesi Selatan, karena masih juga berlebih sehingga dibagikan kepada para pendukung acara sebagai pertanda bahwa Kiki dan Fadly kini telah resmi menjadi suami isteri, selamat berbahagia Ananda.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>