Mobil Resque Tactical Unit (RTU) yang biasa disebut RENJER, selama ini dipinjam pakai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu 7 Maret 2012 kembali lagi satu unit ke pangkuan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan A.P.Pettarani No.59 Makassar.
Ikhwal kembalinya aset Kementerian Sosial yang telah lama dirindukan, selama ini berada di BPBD Sulsel dan terkesan tidak terawat, logonya pun di tambal dan diganti dengan logo Badan Penanggulangan Bencana, perangkatnya dicopoti dan assesorisnya hanya tinggal kenangan.
Proses kembalinya juga berliku, diawali ketika Ketua (FK PSM) Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat meminta untuk pinjam pakai dalam kaitannya dengan pemasangan spanduk di berbagai daerah.
Persuratanpun dilayangkan kepada BPBD Sulsel, dan pihak BPBD tidak berkeberatan untuk menyerahkan kepada Pengurus FK PSM Sulsel yang mayoritas pengurusnya notabene adalah pegawai Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, termasuk Drs.H.Abd.Rahman,MM yang juga sebagai Kabid Pemberdayaan Sosial, demikian halnya dengan BPBD Sulsel sudah ikhlas menyerahkan karena telah mendapat mobil baru dari BNPB di Jakarta.
Setelah dalam penguasaan FK PSM Sulsel maka Drs.H.Abd.Rahman melakukan negosiasi agar kendaraan tersebut dibenahi sekaligus dilengkapi perangkat dan atributnya, agar memudahkan identitas pemakainya, seperti tulisan RESQUE yang terpasang di bagian belakang dipsang kembali, begitu juga dengan tulisan Departemen Sosial dan Unit Siaga Bencana diupayakan untuk kembali bertengger pada posisinya semula.
Renjer biru kini sudah bermarkas kembali di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, selanjutnya akan mempermudah koordinasi dan layanan pada penanganan bencana di Provinsi Sulawesi Selatan terutama pada pascabencana dan juga untuk tugas lainnya seperti penanganan KAT (Komunitas Adat Terpencil), dan  tugas-tugas penyuluhan sosial.
Akhirnya RENJER biru kembali ke pangkuan Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, setelah sekian lama melanglangbuana ke BPBD Sulsel, selanjutnya si BIRU kini kembali dengan selamat, Ia bagaikan anak kecil yang tiba di pangkuan ibunya, mereka saling berpelukan dan memberikan belaian kepada anaknya yang baru kembali, selamat datang si BIRU, kehadiranmu sudah lama kunantikan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>