Apakah Tuhan Yesus lahir tanggal 25 Desember ??? sehingga Natal selalu dilaksanakan tanggal 25 setiap tahunnya. Jawabannya memang belum bisa dipastikan. Al-Kitabpun tidak menyatakan secara langsung hari ulang tahun Sang Juru Selamat. Pada tahun 336 terdapat bukti tertulis, dimana Kaisar Romawi, Constatine pada tanggal 25 Desember tahun tersebut merayakan Natal. Beberapa tahun kemudian, Paus Yulius I menyatakan hari kelahiran Yesus ditetapkan setiap tanggal 25 Desember.


Prakiraan lain adalah tradisi Paganisme Era Romawi Kuno yang disebut “Satumalia” dan “Dies Natalis Solis Invicti” (birth of the unconguered sun) yang diselenggarakan di sekitar tanggal tersebut, jadi saat itu merupakan saat yang tepat untuk sesuatu . 

Versi lain menyebutkan, Orang Yahudi merayakan “Hannukah” setiap tanggal 25 Desember kalender kislev (Kalender Yahudi) dan bulan tersebut kurang lebih jatuhnya di Bulan Desember Masehi. Karena Yesus merupakan seorang yahudi, Inilah yang membantu gereja di awal-awal tahun tersebut dalam menentukan tanggal yang tepat untuk merayakan Natal. Terlepas dari apapun alasannya, Hari Natal merupakan Hari Sukacita dimana Tuhan datang ke dunia dalam wujud manusia , untuk menebus dosa manusia dan itulah makna natal yang agung.

Selamat menyongsong Natal kepada sahabat-sahabatku di TAGANA yang sedang merayakan, semoga damai di langit, damai di bumi dan damai di hati, amin !!!


Penulis adalah Pengurus Masjid Al-Muawanah Sosial
Pada Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>