Pertemuan Koordinasi Bidang Perlindungan Sosial Korban Tindak Kekerasan dan Pekerja Migran Tingkat Nasional, berlangsung di Hotel Sahid Lippo Cikarang, Jalan MH. Thamrin Kav. 103 Lippo Cikarang-Bekasi Jawa Barat, tanggal 8 s/d 11 Desember 2011.

Pertemuan yang menghadirkan para Kepala Bidang Lingkup Banjamsos, Ketua Bappeda dan beberapa Kepala Dinas Sosial kabupaten/kota yang selama ini dikenal sebagai kantong dan pemasok tenaga kerja yang bermasalah.

Kehadiran merekan untuk menyatukan persepsi dan memikirkan serta  mencari solusi dalam penanganan TKI sejak dari hulu, dalam artian daerah-daerah yang banyak mengirimkan TKI keluar negeri seperti Indramayu di Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulsel, Jawa Timur, Bangkalan-Madura, Batam, Kalimanatan Barat dan Kaltim merupakan kantong TKI dan kawasan itu merupakan jalur lintasan yang pavorit untuk keluar negeri bagi Tenaga Kerja Indonesia, terutama Malaysia dan negeri tetangga lainnya.
Narasumber pada kegiatan tersebut masing-masing dari Menko Kesra, Kepolisian, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perekonomian serta narasumber dari Direktorat PS-KTKPM dibawah koordinasi Bapak Emka Hasanuddin.
Dalam diskusi yang dibagi dalam dua kelompok, berhasil menemukan berbagai permasalahan yang dihadapi daerah diantaranya, belum seluruh daerah memiliki RPTC ( Rumah Perlindungan Trauma Center), terbatasnya tenaga Pekerja Sosial (Peksos) yang mampu mendampingi klien, tidak tersedianya dana pengawalan bagi pihak Kepolisian sehingga pentingnya kehadiran Satgas didaerah sangat dibutuhkan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>