Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Provinsi Sulawesi Selatan, Minggu, 13 November 2011 melakukan rapat pemantapan dihadiri anggota Forum Komunikasi TAGANA Sulsel serta  menetapkan 30 orang peserta yang akan  mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) sebagai peserta aktif dari tanggal 4 s/d 6 Desember 2011 di Kiarapayung-Sumedang-Bandung, Jawa Barat.

Pertemuan dipandu Koordinator Tagana Sulsel, Drs.H.Syakhruddin.DN,M.Si setelah dilakukan dialog dan diskusi diantara anggota Tagana dan mempertemukan keinginan para peserta rapat, akhirmnya mereka sepakat untuk menetapkan nama-nama yang masuk dalam tim inti sebanyak 30 orang, dipimpin Sdr. Hasran Rate selaku Ketua, Jalaluddin Wakil Ketua, Sekretaris Sukimin dan Bendahara Rahel Duwila.
Pada kesempatan tersebut, hadir pula Mas Iwan yang memiliki kemampuan untuk materi komunikasi. Pak Iwan yang datang dari Jakarta untuk penataan komunikasi bencana di Sulawesi Selatan, bersedia membagi pengetahuannya tanpa dipungut bayaran, terutama bagaimana peran komunikasi dalam suatu bencana. 
Salah satu pemngetahuan yang diberikan adalah bagaimana merakit antene dan memanfaatkan sumber-sumber lokal yang tersedia agar mampu  berkomunikasi dengan sektor lainnya pada kesempatan pertam.

Selain itu para peserta mendapatkan materi tentang Komunikasi By Voice yang akrab dikenal dengan Gateway, Ring Gatway (Komunikasi yang dilakukan antara komputer dengan radio panggil/Handy Tolky yang dapat menjangkau dua kilometer dari lokasi bencana, Font Radio Gaatway dari Handphone yang bisa berkomunikasi langsung dengan Handy talky serta SMS Gateway seperti yang selama ini digunakan untuk penyampaian informasi kepada rekan-rekan Tagana di Sulawesi Selatan.


Selain itu para peserta
Dari hasil penetapan ini, selanjutnya akan diajukan kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan untuk mendapatkan rekomendasi kemudian diteruskan kepada Menteri Sosial R.I. Jalan Salemba Raya No. 28 Jakarta.
Para peserta yang terpilih maupun yang masuk dalam tim kedua akan berlatih bersama meliputi bidang Dapur Umum Lapangan (DUMLAP) Shelter (Pengungsian), Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat dan Navigasi, Vertikal Horizontal Resque, Peraturan Baris-berbaris dan Psikososial.
Menurut pengamatan selintas yang dilakukan Mas Iwan, sesungguhnya Sulawesi Selatan memiliki potensi yang cukup besar untuk memenangkan pertandingan dalam berbagai event Jambore, namun beliau mengingatkan untuk senantiasa bekerja cerdas, memiliki kewaspadaan yang tinggi serta disiplin dalam melakukan aktifitas sehingga  citra Sulawesi Selatan semakin menggema di gelanggang nasional, ujarnya bersemangat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>