Mas Iwan, demikian kami menyapanya, lelaki yang berperawakan tinggi besar mengenakan kemeja warna kuning. Sabtu, 29 Oktober 2011 sekitar Pukul 14.00 Wita bertemu di Posko Induk Tagana Sulawesi Selatan yang bermarkas di Jalan Andi Pangerang Pettarani No. 59 Makassar. Perkenalan ini berawal dari seorang anggota Tagana bernama Nurtang Daeng Gassing, yang selama ini bertugas sebagai mekanik semua perangkat komunikasi milik Tagana.

Mas IwanDari hasil diskusi yang hangat dan bersahabat, akhirnya beliau menawarkan agar komputer yang berada di Posko Induk di tambah perangkat berupa modem yang dapat memonitor dan melaporkan setiap kejadian gempa di tanah air.

Alhamdulillah, setelah proses tawar menawar harga yang berlangsung singkat, kami sepakat dengan harga yang telah dtetapkan dan langsung dipasang. Sistem komunikasi ini dihubungkan dengan server milik goegle sehingga setiap bencana atau gempa bumi dimanapun peralatan komputer ini langsung mengeluarkan bunyi sirene, selanjutnya letak koordinat bencana langsung terbaca di layar monitor.

Mas Iwan sangat antusias terhadap perkembangan komunikasi Tagana di Sulawesi Selatan, ini menunjukkan betapa kreatifnya anak-anak Tagana yang dengan peralatan yang memadai mampu menjangkau beberapa kawasan di Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga sistem komunikasi radio, melalui perangkat gatway melalui komputer semua kejadian bencana bisa diakses melalui pesawat genggam (HT) maupun pada telepon pribadi (handphone) via pesan singat SMS.

JENEPONTO Tak Mau Ketinggalan.

Akan halnya TAGANA yang bermukim di Kabupaten Jeneponto, dibawah kendali Drs. Hasanuddin Tutu dengan dana pribadi memasang perangkat komunikasi di rumah kediamannya di Kecamatan Kelara Kabupaten Jeneponto.

Dalam kunjungan pertama kami ke rumahnya, perangkat pesawat yang selama ini di miliki tidak bisa terkoneksi dengan Posko Kendali yang ada di Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, akhirnya pada kunjungan kedua kami membawa tehnisi Saudara Nurtang Gassing untuk dilakukan pembenahan, hasilnya penerimaan informasi dapat terpantau pada kesempatan pertama.

AHMAD Ulang Tahun

Dalam suasana kebahagian karena mendapatkan informasi terkini tentang perangkat yang bisa terkoneksi dengan komputer, salah seorang anggota Tagana yang juga staf pada Seksi Jaminan Kesejahteraan Sosial dan Sumber Dana Sosial, memperingati hari ulang tahunnya. Mereka membagi kebahagian dengan teman-temannya baik kepada Tagana yang direkrut dari kampus, diantaranya di Universitas Islam Negeri (UIN) Jurusan Kesejahteraan Sosial.

Ahmad Hasanuddin  yang biasa kami sapa dengan Tagana Korea ini memiliki banyak pengetahuan praktis. Lelaki yang masih terus mumbujang ini selalu terlambat pulang kantor karena pada suasana petang hari, Ahmad rajin membuat   desain kegiatan untuk para Tagana.
FK-PSM Memiliki Sekretariat baru.

Sementara itu Forum Komunikasi Pekerja Sosial Masyarakat (FK-PSM) dibawah pimpinan Pak None mengundang para pengurus inti FK-PSM di Sekretariat yang terletak di Jalan Andi Pangerang Pettarani No. 68 Makassar (Kantor UPTD Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Selatan. 
Sekretaris Panitia, Drs. Mustakim, M.Si mengatakan kehadiran FK-PSM adalah sesuatu yang menggembirakan karena adanya kesamaan visi antara FK-PSM dalam pengembangan Tagana Sulsel dimasa mendatang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>